Main Area

Main

Bupati Mimika : Batik Air Harus Pertahankan Harga Tiket

upati Mimika,Eltinus Omaleng ketika mengalungkan bunga kepada Direktur angkutan udara Maria Kristi Endang Murni SH,MH, dan Direktur Batik Air, Kapten Tomi Wardana ketika tiba Pesawat Batik Air di Bandara Baru Mozes Kilangan./Foto: Tim

Timika,TabukaNews.Com-Dengan penerbangan perdana Batik Air tipe Airbus A320 dengan rute Timika-Jakarta (pp) dan Timika-Makasar (pp) yang dimulai sejak Senin (28/10) pagi,Bupati Mimika,Eltinus Omaleng sangat berharap pihak Batik Air tetap mempertahankan harga tiket.

"Persaingan bisnis pasti ada ,tapi saya mau sampaikan Batik Air yang baru mendarat ini harus pertahankan harga tiket. Masyarakat sudah senang dengan harga ini,jangan tiba-tiba naik, ini tidak boleh,"ungkap Bupati ketika memberikan sambutan pada acara Penyambutan Penerbangan Perdana Pesawat Batik Air ke Kabupaten Mimika,di Bandara Baru Mozes Kilangin.

Pembukaan akses baru rute penerbangan langsung Timika-Jakarta (pp) dan Timika-Makasar (pp) oleh maskapai Batik Air ini,kata Bupati, bahwa ini sudah sejalan dengan visi Bupati dan Wabup Mimika, yaitu membawa masyarakat Mimika cerdas, aman dan damai.Serta mewujudkan pemerataan pada semua sektor ekonomi dengan membuka peluang bisnis di berbagai sektor dan mewujudkan ekonomi sejahtera.

"Penerbangan ini diharapkan mendorong peningkatan perekonomian dan perdagangan,"katanya.

Menurut Bupati,dengan adanya penerbangan baru ini tentu bisa mengatasi masalah kesulitan transportasi udara, dimana saat ini hanya ada 2 pilihan maskapai yang beroperasi.

"Sehingga penerbangan Batik Air ini dapat beroperasi lancar, aman dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,"ungkapnya.

Kata Bupati juga bahwa,Pemerintah Kabupaten Mimika bersama dengan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan PT. Freeport Indonesia telah bersama-sama melakukan pengembangan dan peningkatan fasilitas penunjang baik sisi udara maupun sisi barat Bandar udara Mozes Kilangin Timika. 

"Sehingga keterbatasan fasilitas seperti ketersediaan bahan bakar minyak (bbm) avtur, lahan parkir pesawat (apron) yang terbatas,terminal untuk serta pelayanan gedung pelayanan penumpang dan cargo yang terbatas yang selama ini menjadi kendala beroperasinya penerbangan baru di bandara Mozes Kilangin Kabupaten Mimika,"katanya.

Disampaikan Bupati juga bahwa pada tanggal 16 oktober 2019 telah ditandatangani perjanjian koordinasi operasional (loca) antara PT. AVCO dengan kantor UPBU Mozes Kilangin untuk koordinasi operasional dan pemanfaatan aset untuk optimalisasi kemanan dan keselamatan penerbangan di sisi selatan bandar udara mozes kilangin.

Dengan adanya pembukaan rute baru ini,kata Bupati berharap akan meningkatkan daya saing dan kompetisi pelayanan angkutan udara yang sehat dan konstruktif. "Sehingga akan berdampak positif pada peningkatan pelayanan terhadap masyarakat sebagai pengguna jasa angkutan udara. Dan ini merupakan awal terbukanya konektifitas ke daerah-daerah lain dengan maskapai yang sama atau lion group,"katanya.

Lanjut Bupati,dengan kehadiran Batik Air dapat memajukan sektor ekonomi dengan membuka peluang bisnis di berbagai sektor dan mewujudkan ekonomi sejahtera sesuai dengan program-program pemerintah Kabupaten Mimika.

"Saya juga berharap agar Batik Air menambah rute penerbangan dari Timika ke Surabaya. Sebab di Timika juga banyak masyarakat dari pulau Jawa, seperti Madura, Lamongan, dan lainnya,"harap Bupati.

Direktur angkutan udara Maria Kristi Endang Murni SH,MH,menyampaikan bahwa atas terselenggaranya penerbangan perdana mudah-mudahan penerbangan ini akan membuat konektifitas di Timika khususnya dan Papua pada umumnya semakin bagus. "Kami dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat itu akan mensuport penuh untuk rencana-rencana berikutnya yang akan dilaksanakan oleh para opreter Indonesia yang akan terbang langsung dari barat Indonesia ke Timika,"ungkapnya.

Disampaikannya,bahwa penerbangan langsung ini akan memangkas atau memotong harga tiket.

"Kalau selama ini dirasa mahal itu karena memang belum ada penerbangan langsung dari pulau Jawa ke Timika,yang lalu-lalu adalah selalu transit di Bali atau Makasar, tentu itu jadi perhitungan tersendiri sehingga tidak bisa lebih murah,"ungkapnya.

Ia juga berharap kedepannya akan ada penambahan lagi .Batik Air penerbangan Jakarta -Timika ini adalah penerbangan ke 75. 

"Kami tentu akan berupaya agar teman-teman opreter lain ikut  untuk terbang langsung ke Timika,kami juga sangat berterimakasih atas upaya dan usaha Pemda Mimika serta AVCO yang mendukung penerbangan perdana Batik Air ,"harapnya.

Sedangkan,Direktur Batik Air, Kapten Tomi Wardana,mengatakan, penerbangan Batik Air ke Timika ini merupakan impian semua pihak. Dan penerbangan Batik Air ke Timika, ini memberikan layanan Full Service Airline (FSA) atau layanan penuh. 

"Ini hanya dimiliki oleh Garuda Indonesia dan Batik Air,"katanya.

Disampaikan juga,bahwa sekarang pihaknya memiliki 58 pesawat dan tahun depan akan ada tambahan tujuh pesawat baru,yakni dua Airbus A330 untuk melayani jarak jauh, lima berbadan sempit, yakni A320 dan A321. 

"Airbus saat ini angkut beban jarak jauh sehingga memungkinkan untuk melaksanakan sesuai permintaan masyarakat di indonesia timur,"ujarnya.

Untuk masalah harga tiket, menurut Tomy, Batik Air selalu mengikuti regulasi yang ada. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya permainan harga tiket.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika