Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Bupati Kecewa Penyerapan APBD 2019 Hanya 80 Persen

Bupati Mimika Eltinus Omaleng/Foto : Tim

Timika, TabukaNews.com – Guna meningkatan APBD untuk mempermudah dalam melakukan pembangunan dan menyukseskan program daerah yang menjadi visi dan misi bupati dan wakil bupati Mimika.

Maka, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dalam kepemimpinan Bupati Eltinus Omaleng selama ini terus berjuang agar tiap tahun APBD Mimika terus meningkat. Namun, tidak diimbangi dengan kemampuan manajemen pimpinan OPD dalam menafsirkan visi dan misi tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan penyerapan APBD 2019 hanya mencapai 80 persen, padahal bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya 2018 lalu Mimika dalam kondisi yang sulit namun mampu mencapai 90 persen.

Menyikapi ini, Bupati Mimika Eltinus Omaleng merasa geram dan kecewa terhadap beberapa pimpinan OPD yang telah diangkat mendudukui jabatan-jabatan tersebut.

“Saya mau nyatakan hari ini di rapat bersama pimpinan,  bahwa mereka tidak mampu. Tidak boleh dipertahankan lagi, ada sebagian OPD yang hingga saat ini memiliki sejumlah pekerjaan yang masih terbengkalai dan belum terselesaikan di 2019.” Ujarnya saat ditemui wartawan, Senin (13/1).

Lanjut Bupati, “Saya setangah mati cari uang di pusat dan provinsi seperti pengemis tapi seperti ini hasilnya. Uang datang banyak tapi penyerapan saja mereka tidak mampu menangani. Mereka ini kerja bagaimana?,” ujarnya heran.

Bupati menyesal karena tahun 2020 ini, APBD Mimika diperjuangkan hingga 4,3 triliun. Ia menegaskan, tidak akan mempertahankan pimpinan OPD yang nantinya mengulangi hal yang sama di 2020.

“Sebentar kita akan menyerahkan DPA, kedua diantara saya harus copot mereka karena pengerjaan tidak beres. Tahun ini lebih kacau daripada tahun kemarin. Tahun kemarin agak lumayan tapi tahun ini luar biasa lebih kacau lagi,” ungkap bupati kecewa.

Bupati juga menyesal karena ada sebagian pimpinan OPD yang tidak mampu bekerjasama dengan bawahannya yang membuat beberapa kali terjadi aksi demo di OPD tertentu.

“mereka yang tidak kerja baik maka satu per satu kasih copot dulu. Kita mau rapat habis ini. Ada beberapa OPD yang hari ini mau lantik kemudian ganti Plt. Langsung dicopot hari ini. Dalam waktu dekat berjalan kita akan mainkan seperti itu,” ujarnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika