Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Bupati Eltinus Omaleng Rekomendasikan KTP Sebagai JKN Warga Mimika

Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, SE.MH / Foto : dok Tabukanews.com

 

TIMIKA, TABUKANews.com  – Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, SE.MH,. telah merekomendasikan semua masyarakat Mimika sebagai pengguna Jaminan Kesehatan Nasional.

Rekomendasi ini dilakukan melalui penandatanganan kerja sama dengan universal helath coverage (UHC) yang merupakan  suatu  konsep reformasi  pelayanan kesehatan yang mencakupi beberapa aspek antara lain, aksesibilitas dan equitas pelayanan kesehatan, yang berkualitas dan komperhensif yang meliputi pelayanan preventif dan meliputi pelayanan preventif, promotif, curative hingga rehabilitative serta mengurangi keterbatasan financial dalam mendapatkan pelayanan kesehatan bagi semua warga.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sekaligus ketua panitia penyelenggaraan peringatan hari malaria se dunia, Simon Mote mengatakan, penandatanganan kerja sama bersama UHC tersebut dilakukan  dalam rangka pelaksanaan JKN. Dengan demikian, jika  semua warga melakukan pengobatan, maka bisa menggunakan KTP sebagai JKN.

“Kita harus berterima kasih kepada Bupati kita, karena berani menandatangani kerja sama UHC ini. padahal kabupaten lain tidak berani. Berarti, mulai saat ini semua warga yang mempunyai KTP bisa dipakai sebagai JKN. ,” kata Simon saat penyelenggaraan hari malaria se dunia, di halaman Gelael, Jalan Cendrawasih, Jumat (27/4).

Ia megatakan, keberanian Bupati Eltinus  dalam menandatangni kerja sama bersama UHC juga karena mengingat mimika merupakan salah satu daerah dengan jumlah penderita malaria tertinggi di papua.

Dengan demikian, semua warga mimika diajak untuk segera mengurus KTP, karena kepemilikan KTP bisa dipakai dalam berbagai urusan termasuk sebagai pengganti JKN.

“Di papua saat ini yang tandatangani kerja sama ini hanya Pemkab mimika dan Jayapura. Jadi kalau warga mimika ke rumah sakit atau klinik, bisa langsung tunjukan KTP sebagai JKN,” katanya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika