Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Bupati Eltinus Lapor Pengerjaan 2 Terminal Bandara Mozes Kilangin

upati Mimika ketika menghadiri rapat koordinasi pembangunan infrastruktur transportasi Provinsi Papua yang berlangsung di Ruang rapat Rajawali Kantor Kementerian Perhubungan RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta./Foto: Tim

Timika,TabukaNews.com-Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE.,MH melaporkan pengerjaan dua bangunan terminal Bandar Udara Mozes Kilangin kepada Menteri Perhubungan RI. Laporan itu disampaikan ketika menghadiri rapat koordinasi pembangunan infrastruktur transportasi Provinsi Papua yang berlangsung di Ruang Rapat Rajawali Kantor Kementerian Perhubungan RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (13/10).

Melalui release yang diterima media ini, Bupati Eltinus dalam laporannya mengatakan Bandar Udara Mozes Kilangin sedang dibangun dua terminal, yang bersumber dari APBN yang dikerjakan oleh pemerintah pusat sedangkan APBD dibangun Pemda Mimika.  

'Bangunan terminal yang dikerjakan Pemerintah Pusat sudah mencapai sekitar 90 persen, sementara yang dibangun Pemkab Mimika masih 50 persen, padahal harusnya diselesaikan bersamaan," kata Bupati.

Di tahun 2019, Bupati melanjutkan, Pemda Mimika sudah menganggarkan 150 miliar untuk dikerjakan. Namun beragam alasan dari Kementerian Perhubungan yang menghambat proses pembangunan terminal tersebut. 

"Padahal target kami terminal dapat digunakan untuk hajatan PON 2020. Apron perlu ditambah karena banyak pesawat yang masuk ke Timika dan perlu kita atur dan tertibkan dengan baik. Kami butuh bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat," tandas Bupati.

Ia juga menyampaikan untuk Pelabuhan Pomako sebagian bangunannya sudah ambruk. Pemda masih menunggu kepastian bantuan dari Pemerintah Pusat. 

"Ini ada kaitan dengan pelaksanaan PON 2020. Kalau infrastruktur jalan sementara kami kerjakan dengan baik, tinggal bandara dan pelabuhan yang harus dikerjakan penyelesaian secepatnya," ungkap Bupati.

Sementara dalam sambutan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyatakan,apa yang sudah dilakukan sebenarnya adalah instruksi Presiden untuk memastikan bahwa pembangunan insfrastruktur bisa berjalan lebih baik dan dipergunakan dengan baik. 

"Kita tidak ingin membangun tetapi tidak ada fungsinya, oleh karena itu kami ingin memastikan anggaran 2020 itu memang sesuai dengan rencana atau ada hal- hal lain yang perlu diperbaiki, sehingga kami ingin bertemu dan dengar langsung dari para walikota dan Bupati," ungkap Budi.

Lanjut dia, berbeda dari apa yang direncanakan dalam pembahasan bisa saja berkembang dengan apa yang ada dilapangan nanti. 

"Secara umum malam ini akan ada serah terima pengelolaan bandara Sentani dari Kementrian Perhubungan kepada Avec I, kemudian kita akan bangun bandara Nabire, Bandara Oksibil, bandara Ilaga, bandara Kepi di  Mappi," ungkapnya.

Sedangkan pembangunan Pelabuhan di Depapre, Pelabuhan Nabire dan Pomako Timika akan dianggarkan di tahun 2020 untuk menunjang pelaksanaan PON 2020 di Papua.

"Untuk pengadaan bus dari Kementerian Perhubungan sebanyak 600 unit dan Kabupaten Mimika akan mendapat bantuan pengadaan bus sebanyak 145 unit yang dapat dipergunakan untuk operasional  PON 2020, termasuk dipergunakan untuk penjemputan anak sekolah," ujarnya.

Sebelum menutup Rakor, Menteri Perhubungan meminta Bupati/ walikota untuk melakukan koordinasi dengan Dirjen terkait di Kementrian Perhubungan guna mendapat petunjuk teknis percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di Papua.

Dalam rakor, para Bupati menyampaikan seluruh persoalan yang terjadi di masing- masing Kabupaten. Harapan ara Bupati agar Kementerian Perhubungan RI serius membantu serta mendorong percepatan pembangunan Infrastruktur transportasi di Kabupaten/ kota di Provinsi Papua, terutama lebih prioritaskan kabupaten/ kota yang menjadi tuan rumah pelaksanaan PON 2020.

Rapat koordinasi dihadiri Kementerian PUPR, Bappenas,  Wakil Bupati Mimika, Walikota Jayapura, Bupati Nabire, Bupati Puncak, Bupati Pegunungan Bintang, Bupati Asmat, Bupati Yahukimo, Bupati Mappi, Bupati Jayawijaya, Bupati Merauke. (tim) 

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika