Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Bupati Diminta Tidak Keluar Daerah

Timika, Tabukanews.com - Tokoh masyarakat Mimika, Sabinus Bokeyau berharap Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE. MH dalam periode kedua memimpin Mimika harus merubah perilaku keluar Timika dan meninggalkan masyarakat sendiri tanpa orang tua, agar aspirasi yang disampaikan bisa didengar dan direalisasikan.

"Periode lalu, kami dianggap seperti bukan masyarakatnya. Tapi saat ini, dia sudah harus lihat bagaimana kehidupan masyarakatnya," kata Sabinus kepada wartawan, ketika ditemui di ruang kerja di kantor Kejari Mimika jalan Agimuga, Selasa (18/9), Selasa (18/9).

Turun ke kampung-kampung, kata Sabinus, sangat penting untuk mengetahui perasaan masyarakat. Hasilnya bisa sangat berbeda jika bupati hanya mendengar informasi dari orang lain. Menurutnya, hanya dengan berada di tengah masyarakat, seorang kepala daerah bisa dikatakan melakukan aksi nyata.

"Harus melihat sendiri, ohh masyarakat saya begini. Tidak dengar lewat bicara orang," pintanya.

Bagi Sabinus, Bupati selayak ujung tombak, sementara Kapolres dan Dandim hanya selayak gagang tombak. Sebab itu, yang terdepan dalam bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah bupati, bukan sebaliknya.

"Kami harus bicara agar tidak dianggap bisu," kata Ketua Komisi IV Lemasko itu.

Tak pernah mendapat kesempatan menyamapaikan langsung aspirasinya ke Bupati, maka Sabinus dan beberapa kepala suku lainnya meminta ke Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L Nainggolan menjadi jembatan aspirasi mereka ke bupati.

"Mereka bahkan meminta saya menggandeng bapak bupati turun kampung sama-sama. Kalau perlu nginap di pelosok-pelosok kampung supaya bisa merasakan betul apa yang dirasa masyarakat," kata Letkol Pio.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng yang berpasangan dengan Johannes Rettob dipastikan memimpin Mimika periode 2018-2023 setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan lima pasangan calon lainnya. (Rfl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika