Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Bupati Ancam Ganti Lurah, Kepala Kampung dan RT

Bupati Eltinus Omaleng/Foto: Tim

Timika, TabukaNews.com - Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengecam akan memberhentikan kepemimpinan kepala kelurahan, kepala kampung dan ketua RT apabila tidak mampu mengkoordinir warganya untuk menjaga kebersihan di wilayah masing-masing, dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat.

Karena menurut Omaleng karena persoalan sampah selama ini tidak mendapat perhatian serius dari lurah, kepala kampung dan RT,  Padahal mereka diharapkan menjadi kacamata pemerintah di  wilayah kerja masing-masing.

“Saya bangun jalan begitu cantik, kalian (masyarakat-red) buang sampah sembarangan. Tidak tahu malu. Itu kenapa?? Karena kalian (perangkat pemerintah-red) tidak tegas. Lurah jalan sendiri, kepala kampung jalan sendiri apalagi RT. Kamu tinggal enak saja saya kasih gaji. Tapi rumput naik tinggi, sampah dimana-mana, masyarakat juga buang sampah sembarangan kalian tidak peduli,” ungkapnya dengan kesal. Saat ditemui di Grand Mozza,  Senin (9/12). 

Omaleng  bahkan mengatakan bahwa sebagian kepala kelurahan tidak becus dalam menjaga kebersihan di wilayah kerja mereka. Padahal ia telah memfasilitasi mereka mobil dinas pick up. bahkan ada yang sering menyampaikan laporan tidak benar kepadanya.

“Nanti saya tarik semua itu. Tahun ini dari pusat kasih naik gaji lurah, saya juga sudah kasih bantuan uang dan kendaraan tapi kerja omong kosong semua. Tujuan saya angkat kalian supaya perhatikan hal-hal begini. Pakai mobil itu angkat sampah, jangan pakai seperti barang pribadi. Dimana-mana kotor sekali. Sudah begitu kamu masih minta motor lagi. Enak sekali, kamu tidak punya malu ka?,” sentil Omaleng dengan nada kecewa.

Bupati Omaleng mengatakan, Mimika akan menjadi tuan rumah PON 2020. Jangan sampai masalah sampah membuat malu Mimika. Seharusnya hal ini disadari oleh perengkat daerah dan masyarakat.

“Kebersihan itu hal utama yang harus kita jaga bersama. Semua masyarakat harus merasa memiliki tanah dan negeri ini (Mimika-red), jangan hanya asal numpang tinggal dan makan saja jadi seenaknya buang dimana-mana. Tiap tahun kita selau bicara sampah tapi kondisinya begini terus. Tujuan kita angkat kalian juga untuk kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan semua yang terkait untuk hal seperti ini,” tegasnya.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati Omaleng didampingi Wakil Bupati Johannes Rettob, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Limi Mokodompit, serta sejumlah anggota DPRD dan pimpinan OPD lainnya melakukan penyerahan bantuan motor pengangkut sampah.

Lima kelurahan yang menerima bantuan ini adalah Kelurahan Inauga, Perintis, Otomona, Koperapoka dan Kwamki. 

“Saya serahkan roda dua pengangkut sampah ini ke kalian untuk membuang sampah dengan baik dan benar ke tempat yang sudah disediakan. Kalian harus kerjasama yang baik. Ajak dan awasi masyarakat jangan buang sampah sembarangan. Mari kita buat indah dengan menjaga lingkungan kita,” ujarnya berpesan.

Sementara itu kepada wartawan, Kepala Dinas Limi Mokodompit mengatakan, dengan bantuan ini maka sudah ada 10 kendaraan sampah roda tiga yang diberikan. Tahun depan akan dilengkapi menjadi 20 unit.

“Pencanangan hari ini lima, yang sudah ada 10 jadi tahun ini sampai tahun depan kita lengkapi semua. Ada yang dalam pengiriman. Jadi tahun depan semua lurah sudah miliki motor sampah sehingga tidak ada alasan lagi kota tidak bersih karena pengelolaanya mereka yang kelola sendiri termasuk menentukan satu titik tps dan nanti mobil kami yang angkut. Jadi tidak ada lagi trek datang ke depan-depan rumah,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat Mimika agar tidak lagi membuang sampah di pagi hari. Pembuangan sampah dilakukan mulai pulul 18.00 Wit - 05.00 Wit.

“Tidak ada lagi yang buang sampah di jam ini karena sudah ditetapkan di perda nomor 11. Setelah rapat bersama (tadi siang-red) parah lurah langsung tentukan titik pembuangan yang mereka sepakati. Semuanya mereka yang atur sehingga ke depan kita bisa lihat kelurahan mana yang pengelolaanya baik dan benar,” ungkapnya.

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika