Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng

Main

Bunai: Pokir Dewan Harus Diakomodir Pemerintah

Timika, TabukaNews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika diminta untuk mengakomodir pokok pikiran (Pokir) dewan yang didapat dari menjaring aspirasi masyarakat sampai ke akar rumput, seperti lewat kegiatan reses.

Anggota DPRD Mimika, Semuel Bunai, usai bertemu dengan warga RT 16 Kelurahan Otomona pada 30 Maret dalam kegiatan reses pertama tahun 2021 ini mengatakan, banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh pemerintah baik eksekutif maupun legislatif dalam rangka menjawab kebutuhan warga.

Di antaranya, Bunai merinci, masalah normalisasi sungai dan pembenahan sekaligus peningkatan infrastruktur drainase masih menjadi primadona kerinduan warga yang setiap hujan dengan curah yang tinggi selalu mengalami kebanjiran.

Selain itu mencuat juga aspirasi permintaan peningkatan infrastruktur jalan masuk pemukiman warga, perhatian terhadap bangunan posyandu, bantuan pembangunan gereja, lapangan pekerjaan bagi anak-anak muda pengangguran, pemberdayaan mama-mama penjual pinang, serta sorotan warga terhadap kinerja oknum Ketua RT setempat dan juga sorotan bantuan sosial yang tidak menyentuh warga.

“Saya berkomitmen akan kembali memasukkan dalam Pokir Dewan walaupun tahun lalu tidak diakomodir pemerintah, serta mendorong OPD terkait untuk turun langsung ke lapangan sehingga bisa mengerti keadaan warga dan memprogramkan pembangunan fisik yang menyentuh kebutuhan langsung masyarakat,” tegasnya.

Semuel Bunai Legislator DPRD Mimika asal Perindo  itu menambahkan, perlu kolaborasi antar OPD dalam menata baik daerah aliran sungai dan sistem drainase air dari hulu sampai hilir sehingga saat hujan air tidak menumpuk atau mampet di suatu daerah saja.

Selain itu Bunai juga mendorong warga untuk sadar sampah, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Reses Dewan yang dilakoni para anggota DPRD Mimika dinilai penting sehingga ke depan perencanaan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai kebutuhan warga alias tepat pada sasaran,” tandasnya.

Pada reses  itu Semuel Bunai didampingi Kepala Kelurahan Otomona dan Ketua RW memberikan sejumlah bantuan sembako seperti beras, mie instan dan minyak goreng bagi warga. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika