Main Area

pesparawi xiii

Main

BRI Timika Komitmen Bina Pelaku Usaha UMKM Melalui RKB

Kepala Kantor Bank BRI Cabang Timika Sukarno/ Foto: Tim/Tabukanews.com

 

Timika, Tabukanews.com - Kepala Kantor Bank BRI Cabang Timika Sukarno mengatakan, pihaknya mendukung penuh pembinaan pelaku usaha dalam mengembangkan Usaha Micro, Kecil, Menengah (UMKM) di Kabupaten Mimika melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Pembinaan dan pengembangan tersebut telah dilakukan setelah bekerjasama dengan pihak Social Local Development (SLD) PT Freeport Indonesia.

"Jadi BRI dalam keberadaan khususnya di Timika komitmen dalam rangka pembinaan pelaku usaha UMKM itu salah satunya diwujudkan RKB, rumah kreatif BUMN ini sebagai sarana atau wadah untuk bisa mengembangkan UMKM khususnya di Mimika," kata Sukarno saat ditemui di ruang kerjanya di kantor BRI Cabang Timika, Selasa (19/11).

Ia menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan bersama baik pihak BRI Cabang Timika, SLD PT Freeport dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui beberapa instansi terkait, seperti pembinaan untuk meningkatkan keterampilan usaha untuk menghasilkan produk yang berkualitas, serta perluasan pasar.

Perluasan pasar bisa melalui RKB, dan hasil kerajinannya bisa dipasarkan secara lansung maupun melalui sistem online web BRI, sehingga diharapkan produk yang dijual bisa diterima oleh pasar luas. Artinya produk tersebut tidak hanya skala Kabupaten Mimika tapi bisa menjangkau nasional.

"Tentunya keterampilannya dalam rangka meningkatkan keterampilan usahanya, kalau keterampilan sudah meningkat sehingga outputnya hasil produksinya akan lebih baik.

Ia berharap, kegiatan pembinaan pelaku usaha UMKM merupakan langkah awal dari Pemprov Papua dan Pemkab Mimika untuk membangun UMKM dalam menyambut dua event besar yang akan dilaksanakan ditahun depan, yakni Pesparawi dan PON XX tahun 2020, dan sudah harus disiapkan dari saat ini.

"Mudah-mudahan dengan pembukaan ini merupakan inisiasi awal pemda dan provinsi ikut bersama-sama bagaimana membangun UMKM," harapnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika