Main Area

pesparawi xiii

Main

BPBD Harap Ada Penambahan Mobil Damkar

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika Yosias Lossu /Foto : Tim

Timika, TabukaNews.com - Jumlah armada mobil Damkar yang ada di nilai masih kurang untuk menjangkau wilayah yang jauh dari kota dalam mengatasi masalah kebakaran di kota timika dan sekitarnya.

Hal itu diungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika Yosias Lossu berharap Pemkab Mimika melakukan penambahan armada mobil Pemadam kebakaran (Damkar).

 “Armada kami ada tujuh saya kira itu masih kurang, kami masih butuh dua unit lagi untuk bisa mengcover wilayah yang jauh,” kata Yosias saat ditemui, rabu (15/1).

Yosia menjelaskan pihaknya berencana membangun pos-pos damkar pembantu seperti di wilayah SP 2 dan Mapurujaya. Dengan demikian dipos tersebut juga di siagakan mobil Damkar masing masing satu unit. Dengan alasan tersebut pihaknya meminta untuk penambahahan dua unit lagi armada mobil Damkar.

“Kita bangun pos untuk jangkau daerah yang jauh, karena apa jika mobil di kota kebakaran di Mapuru jaya misalkan kita sampai sana sudah habis. Kalau ada pos dan siaga mobil ya paling tidak masih bisa melakukan pemadaman dengan cepat,” jelasnya.

Terkait kebakaran yang terjadi di tahun 2020 Yosias mengungkapkan bahwa hingga hari ini di tahun 2020 pihaknya sudah menangani kasus kebakaran sebanyak dua kasus. Pihaknya berharap kasus kebakaran di tahun 2020 yang pailing banyak dikarenakan terjadi karena arus pendek bisa berkurang. Oleh sebeb itu pihaknya menghimbau agar masyarakat untuk lebih memperhatikan instalasi listriknya.

“Tahun ini sudah dua kali yaitu di jalan kaimana dan SP 2 dan itu semua karena arus pendek makanya masyarakat untuk lebih memperhatikan instalasi listriknya atau jika meninggalkan rumah dipastikan tidak sedang menggukanan peralatan listrik,”ungkapnya.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika