Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

BMKG Mimika Klaim Iklim di Mimika Masih Normal

Forecaster Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  ( BMKG ) Kabupaten Mimika, Fitria Nur Fadlilah/Foto:Tim

Timika, Tabukanews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Timika mengklaim panas di wilayah Mimika dalam beberapa hari terakhir masih dinormal. 

"Berdasarkan data yang kita punya, untuk suhu udara di  Timika masih normal," Kata Forecaster Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Mimika, Fitria Nur Fadlilah. Rabu (23/10) di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, dari data yang ada hingga tanggal 22 Oktober kemarin, suhu maksimal masih 32 derajat celsius, atau masih dalam kondisi normal. Sementara secara keseluruhan di wilayah Indonesia, tercatat ada wilayah yang sampai 38 derajat Celsius seperti di Sulawesi.

Menambahkan, untuk timika sendiri saat ini cenderung panas, karena berpengaruh pada posisi matahari yang mana saat memasuki bulan Oktober posisi matahari berada pada lintang selatan, bergeser dari garis khatulistiwa.

"Saat ini posisi matahari mendekati bumi wilayah selatan," Jelasnya.

Kendati posisi matahari berada di lintang selatan, namun akan berpengaruh pada kondisi lokal di wilayah masing-masing, salah satu contoh Mimika yang angin berhembus dari arah selatan dan tenggara menuju ke wilayah utara membawa awan, namun hembusan angin tersebut dihalangi oleh pegunungan, sehingga menghasilkan gumpalan-gumpalan awan hingga menyebabkan terjadi hujan.

"Ini pengaruh kondisi lokal yaitu curah hujan yang tinggi," ungkapnya.

Kondisi panas tersebut akan berlangsung hingga akhir tahun 2019, apabila di lihat dari posisi matahari yang akan bergeser dari garis lintang selatan menuju garis khatulistiwa. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika