Main Area

Main

Binmas Polres Mimika Lakukan Penyuluhan ke Desa-Desa

KBO Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Mimika Iptu Waloni/Foto : Tim

Timika, Tabukanews.com - Kepala Bagian Operasasi (KBO) Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Mimika Iptu Waloni mengatakan, program yang sedang dilaksanakan oleh Binmas Polres Mimika berupa penyuluhan sadar hukum dan memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga kamtibmas serta bekerjasama dengan pimpinan desa.

"Untuk program Binmas Polres Mimika tetap kita melakukan penyuluhan di setiap desa-desa," kata KBO Binmas Polres Mimika Iptu Waloni kepada wartawan Minggu (1/9).

Ia juga menambahkan bahwa tidak hanya penyuluhan yang dilakukan tapi juga para Bhabinkamtibmas yang ditugaskan untuk membawahi desa tersebut harus selalu bekerjasama dengan pihak desa disamping memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat.

Apabila terjadi gangguan Kamtibmas pihak desa atau masyarakat segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas agar segera di tindaklanjuti untuk diselesaikan.

"Kemudian di setiap Polsek itu juga ditempatkan Bhabinkamtibmas untuk selalu bekerjasama dengan desa untuk memberikan imbauan-imbauan yang sifatnya gangguan Kamtibmas, apabila terjadi hal-hal yang mengganggu daerah setempat segera melaporkan ke pihak berwajib," tambahnya.

Sebab, jumlah personel Bhabinkamtibmas yang berada di Polres Mimika sebanyak 50 orang yang mana tidak bisa mengcover secara keseluruhan desa dan kampung yang ada di wilayah Kabupaten Mimika, yang mana satu personel Bhabinkamtibmas bisa mengcover lebih dari dua kampung sehingga perlunya koordinasi dan kerjasama.

"Jadi Bhabinkamtibmas di Polres Mimika itu sebanyak 50 personel, terbagi beberapa desa, karena anggota tidak mencukupi sehingga tetap kita kerjasama dengan pihak desa menyangkut dengan keamanan," ungkapnya.

Ia juga berharap ada respon baik dari masyarakat didesa untuk selalu bekerjasama baik dengan aparatur kampung, Babinsa dan Bhabinkamtibmas baik dalam pengawasan setiap pembangunan juga mengenai kamtibmas.

"Harapan yah masyarakat bisa bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas," harapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika