Main Area

Main

Bidang Konsumi Butuhkan Bangunan Yang Dekat Dengan Venue Untuk Tempat Makan Peserta PON

Bidang III PB PON XX tahun 2020 Papua bersama Koni Mimika saat meninjau venue MSC di SP 5/Foto:Tim

Timika, TabukaNews.com - Kepala Dinas DP3AKB Provinsi Papua Anike Rawar yang membidangi Konsumsi mengatakan, pihaknya membutuhkan beberapa bangunan yang dekat dengan venue yang nantinya akan digunakan sebagai tempat makan para atlet, official dan wasit beberapa jam sebelum bertanding.

"Kami dari konsumsi akan menggunakan tempat yang akan kami pakai untuk dinning hold dimana tempat dimana atlet ini akan makan siang sambil menunggu jam bertanding akan menyiapkan makanan ditempat itu," kata Anime Rawar dalam konferensi pres di Sekretariat PB PON Sub Mimika, Selasa (15/10).

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil kunjungan terdapat beberapa bangunan strategis yang dinilai pas untuk dijadikan tempat makan para atlet, yang mana letaknya tidak jauh dari penginapan dan juga venue. Salah satu contoh bangunan yang berada di dekat Kolose Pendidikan Guru (KPG) yang berjarak kurang lebih 210 meter baik ke lapangan futsal, panjat tebing.

"Hasil kunjungan kami untuk transportasi dari hotel ke tempat pertandingan itu tidak jauh dan ini sangat luar biasa," jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya akan melakukan pertemanan teknis dengan pihak Bappeda Mimika untuk melengkapi kekurangan-kekurangan uang ada, agar bisa direncanakan dan dianggarkan ditagih depan.

"Setelah ini kami akan pertemuan dengan Bappeda untuk membicarakan hal teknis untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada," ungkapnya.

Sementara itu, terlepas dari beberapa bangunan yang akan digunakan untuk tempat makan para atlet dan official. Anike juga menambahkan bahwa, untuk mendukung pelaksanaan PON dalam bidang konsumsi, pihaknya akan mendatangkan peralatan masak dari Jakarta. Begitu juga penyiapan bahan makanan akan diutamakan dari Timika, apabila terdapat kekurangan bahan makanan maka akan disuplai dari luar Timika bahkan luar Papua.

"Untuk bidang konsumsi kami akan datangnya peralatan dari Jakarta, jadi sekitar tanggal 15 itu kami sudah siapkan konsumsi untuk atlet yang memulai pertandingan sebelum pembukaan PON, bahan makanan semua disiapkan dari Mimika, kalau kekurangan baru di suplai dari luar," katanya.

Sementara itu pihak Iven Organizer (EO) Mario, mengatakan terkait dengan konsumsi, pihaknya akan menyiapkan kurang lebih 1000 orang untuk PON membantu dalam bidang konsumsi yang mana akan diutamakan masyarakat yang berada di Papua.

Nantinya akan ada pelatihan-pelatihan terlebih dahulu sebelum mereka diterjunkan untuk memasak atau menyediakan makanan untuk konsumsi para atlet.

"Untuk penyiapan konsumsi akan membutuhkan 1000 tenaga, jadi untuk Mimika kami akan berdayakan masyarakat Mimika untuk membantu kami bidang konsumsi," ungkapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika