Beri Pemahaman Kepada Masyarakat Terkait Perubahan UU Otsus, Ketua Pansus Turun Gunung

Beri Pemahaman Kepada Masyarakat Terkait Perubahan UU Otsus, Ketua Pansus Turun Gunung

Timika,TabukaNews.com

Dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai perubahan Otsus, Ketua Pansus Otonomi Khusus Papua, Komarudin Watubun, SH.MH, turun gunung melakukan Sosialisasi terkait perubahan UU no.21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua menjadi UU no.02 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas UU No.21 Tahun 2001.

“Saya datang ke Papua dalam rangka reses, sekaligus melakukan sosialisasi terkait UU Otsus, karena pengalaman kita selama 20 tahun UU Otsus banyak yang tidak tahu isi UU Otsus” kata Komarudin saat diwawancarai wartawan di Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (14/5).

Menurut Komarudin, Saat ini prosesnya sudah di tangan pemerintah, RUU Otsus sudah diserahkan kepada pemerintah, “Kita menunggu surat dari pemerintah untuk menyerahkan kembali ke DPR, setelah itu membentuk tim dari pemerintah untuk kita bahas.

Lebih lanjut Legislator Partai PDI Perjuangan ini memberi contoh Pengalaman Papua Barat, soal pemekaran Papua Barat, saat itu Provinsi Papua menggugat Pemerintah Republik Indonesia, tapi sekarang kita lihat Papua Barat sudah berkembang, pembangunan infrastruktur sudah maju.

Ada hal-hal yang baik yang diperoleh dari perubahan tersebut, contohnya sekarang ada proteksi politik terhadap hak asli orang Papua, 25 persen orang papua diangkat tanpa melalui proses pemilihan. Timika dari 35 kursi DPRD, berarti ada 9 orang asli papua diangkat menjadi anggota DPRD tanpa lewat pemilihan, dari 25 persen itu 30 persen harus perempuan.

Adapun pro kontra yang terjadi dimasyarakat itu hal biasa. Kalau ada yang menolak itu alasannya apa, terus solusinya apa? Bahwa ada kekurangan, tidak ada keputusan didunia ini yang sempurna. katanya.

Saat reses di Timika, Komarudin didampingi oleh pengurus DPC PDI-P Kabupaten Mimika diantaranya Ketua DPC Yohanis Felix Helyanan, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, Sekretaris Alfian Akbar, Bendahara Endro dan sejumlah pengurus PAC. (**)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata