Main Area

Main

Berbagai Kegiaatan Digelar Jelang BKSN

Foto bersama para panitia dan peserta BKSN tahun 2019/Foto : Istimewa

TIMIKA,Tabukanews.com- Ketua Komisi Kitab Suci Keuskupan Timika, Pastor Domin Hodo Pr yang diwawancarai usai penutupan lomba mengatakan kegiatan yang dibuat mau menghidupkan komisi-komisi yang ada di Keuskupan Timika. Seperti pada bulan Mei lalu Keuskupan Timika melaksanakan seminar tentang Bunda Maria, lomba Paduan Suara lagu Ave Maria ciptaan Almarhum Mgr Jhon P Saklil Pr dan lagu ciptaan Pastor Domin sendiri.

Seluruh rangkaian kegiatan dikemas oleh Komisi Kitab Suci Keuskupan Timika Gelar Berbagai Lomba dalam rangka meriahkan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN)  tahun 2019 di Timika.

"Kali ini kami berpikir untuk membuat kegiatan yang lebih luas mencakup banyak umat terutama dalam hal lomba mazmur tanggapan dan bait pengatar injil, lomba cerdas cermat dan lomba paduan suara Laudato si dan lagu Gerakan Tungku Api ciptaan Almarhum Mgr Jhon P Saklil Pr juga solis lagu yang saya ciptakan sendiri," kata Pastor Domin.

Lebih lanjut Pastor Domin mengatakan, yang ingin dicapai melalui kegiatan perlombaan ini yaitu Keuskupan Timika mengharapkan dalam praktek liturgi, patokan yang dipakai menjadi seragam. selain itu juga terkait penjiwaan dalam membawakan mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

Pastor Domin berharap kegiatan perlombaan serupa pada waktu mendatang lebih banyak pesertanya baik dari itu dari paroki, stasi maupun kelompok-kelompok kategorial katolik lainnya.

"Tahun 2020 Komisi Kitab Suci akan buat lagi. Bukan pertama-tama hadiah yang diperoleh para pemenang lomba tetapi lomba-lomba yang dibuat membuat warna tersendiri untuk pengembangan minat dan bakat dan juga penghayatan liturgi umat katolik di keuskupan Timika," ujarnya.

Sementara itu salah satu peserta dari Paroki St. Stefanus Sempan, Stefen mengucapkan terima kasih kepada Komisi Kitab Suci Keuskupan Timika yang telah melaksanakan banyak perlombaan. Menurutnya, bukan semata-mata terkait lomba itu sendiri melainkan kesadaran umat untuk mendalami tema BKSN tahun 2019 yaitu  mewartakan kabar baik di tengah krisis lingkungan hidup.

"Kami menyadari bahwa manusia zaman ini egois, rakus dan tidak peduli dengan lingkungan. Untuk itu sebagai umat Katolik kita diajak untuk merawat alam sebagai wujud syukur kepada Allah yang telah memberikan alam itu secara gratis kepada manusia. Mari, kita jaga dan rawat alam ini, sebagai sahabat manusia" ujarnya.

Ia berharap kegiatan serupa dalam rangka merayakan BKSN dapat digelar Komisi Kitab Suci Keuskupan Timika dengan lebih meriah dan melibatkan lebih banyak umat pada tahun-tahun mendatang.

Rangkaian perlombaan diawali dengan lomba baca Kitab Suci dan Mazmur, dan Cerdas Cermat pada Sabtu 2 November. Selanjutnya dilanjutkan dengan lomba paduan suara dan live solo pada Minggu 3 November. Perlombaan ini dipusatkan di kompleks Kantor Keuskupan Timika, jalan Cknderawasih SP 2. Usai perlombaan, diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para juara lomba masing-masing kategori.

Perwakilan dari masing-masing paroki di sekitar kota seperti Paroki Katerdal Tiga Raja, Paroki St. Stefanus Sempan, Kuasi Paroki St Sesilia SP2 dan Paroki St Petrus SP3, mengambil bagian dalam perlombaan yang digelar selama dua hari itu. Selan dari paroki, Asrama Putri Saulus Populi dan SMA Katolik St.  Ignasius juga ambil bagian sebagai peserta lomba. (TIM)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika