Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Belum adanya pendataan dan penanganan ODMK

Timika, TabukaNews.com –  Wakil Ketua I DPRD Mimika, Alex Tsenawatme menilai pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui instansi terkait belum memberikan perhatian penuh kepada Orang dengan Gejala Gangguan Jiwa yang selama ini berkeliaran di seputaran kota timika.
Menurut Alex, masalah ini bukan terjadi dari faktor genetik tetapi depresi itu terjadi karena beberapa faktor seperti lingkungan,kurangnya lapangan kerja dan terkait utang serta ekonomi sehingga terjadi depresi kepada orang itu sendiri. Ungkapnya saat dihubungi,  Selasa (15/9/20)
Dirinya berharap, Pemerintah terkait segera dapat menyelesaikan masalah tersebut karena melihat kondisi  orang dengan masalah kejiwaan merasa sedih, “ sedih , saya ingin kita mencari solusi terbaik untuk menangani ODMK orang Dengan Masalah kejiwaan ini,” katanya.
Menuturkan didalam Pasal 149 UU Kesehatan bahwa Penderita gangguan jiwa yang terlantar, menggelandang, mengancam keselamatan dirinya dan atau oranglain, atau mengganggu ketertiban dan keamanan umum wajib mendapatkan pengobatan dan perawatan difasilitas pelayanan kesehatan.
Tapi, sampai sekarang ini di Kabupaten mimika masih terlihat dan terdapat beberapa warga ODMK yang jalan berkeliaran namun tidak terlalu mengganggu warga, kenyataan yang terjadi juga bahwa orang dengan masalah kejiwaan tersebut ada yang tidur di pinggiran jalan, lorong, dan beberapa pertokoan di kabupaten mimika, dan itu terkait dan tersimpan di Pasal 42 UU HAM.
" Saya berharap pemerintah terkait Dinas yang  dapat membantu kami DPRD mengurus saudara kita ini yang memiliki keterbelakangan mental dan sebagainya,” ujanya (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika