Main Area

pesparawi xiii

Main

Belum Ada Jaminan Keamanan, Puskesmas Jile Yale Layani Warga Pagi Samai Siang

TIMIKA, TABUKANews.com - Belum ada kesepakatan bersama terkait jaminan keamanan para petugas Puskesmas Jile Yale SP3, Kelurahan Karang Senang, Distrik Kuala Kencan,a maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitarnya hanya bisa berlangsung dari pagi pukul 08.00 WIT-12.00 WIT siang hari. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold  Ubra saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/2) menegaskan,  apabila belum ada kesepakatan bersama untuk menjamin keamanan para petugas Puskesmas Jile Yale SP3 maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat hanya berlangsung mulsi pagi sampai siang saja. 

"Kita mau ada kepastian jaminan keamanan bagi petugas puskesmas. Jadi belum ada kepastian puskesmas mulai besok (hari ini-red) akan buka untuk pelayanan, tetapi itu nanti tepat pukul 12.00 WIT kita tutup,"kata Reynold. 

Ketika menghadiri pertemuan yang difasilitasi pihak Polsek Kuala Kencana, bersama petugas Puskesmas Jile Yale SP3 dengan Kepala Kelurahan, Kepala Kampung, tokoh masyarakat serta sejumlah masyarakat, di Kantor Polsek Kuala Kencana, Rabu (21/2) kemarin. 

Sementara pihaknya sudah manyampaikan bahwa keputusan untuk melayani masyarakat dari pagi hari hingga siang jam 12.00 WIT.  Itu berdasarkan hasil diskusi dengan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Mimika. 

"Sebelum ke sini, tadi pagi kami sudah berdiskusi dengan Pak Kadis.  Apabila belum ada jaminan keamanan maka puskesmas tidak akan melayani kesehatan seperti semula tapi hanya sampai pukul 12.00 WIT,"terang dia. 

Dikatakannya bahwa, Puskesmas akan berjalan normal dalam pelayanan, apabila ada kesepakatan bersama antara pemerintah setempat dalam hal ini Distrik, Kelurahan, Kepala Kampung dalam memberikan keputusan untuk jaminan keamanan. 

Kapolsek Kuala Kencana, AKP Junan Plitomo SE MSi melalui Waka Polsek Kuala Kencana, Ipda Sera A, menyampaikan pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Kuala Kencana akan berusaha menjamin keamanan di Puskesmas tersebut akan tetapi pihaknya meminta dukungan dari pihak Pemda dan masyarakat sekitar puskesmas. 

"Kalau untuk keamanan itu bukan hanya bagi puskesmas saja, tetapi semua wilayah yang menjadi tanggungjawab Polsek Kuala Kencana. Sebab secara struktural Polsek Kuala Kencana itu membawahi 2 Distrik yaitu Distrik Kuala Kencana dan Distrik Iwaka, sehingga untuk menjaga kamtibmas di sekitar puskesmas kami meminta dukungan dari pihak Pemda dan masyarakat sekitar,"ungkapnya.  

Ditambahkannya bahwa, apabila dari pihak Puskesmas meminta personil kepolisian untuk ditempatkan di puskesmas sebagai keamanan. Maka terlebih dahulu harus menyurat kapada Polsek Kuala Kencana.

Sementara salah satu tokoh masyarakat, Anus Jikwa, sangat menyayangkan dengan kejadian tersebut sehingga pelayanan puskesmas sempat tutup dua hari.  

"Masalah ini kita serahkan kepada para kepala kampung/lurah untuk bersama-sama menjaga kamtibmas. Jadi untuk memastikan keamanan bagi petugas puskesmas, maka langkah pertama harus diadakan pertemuan kembali dengan masyarakat Kelurahan Karang Senang dan masyarakata Jile Yale,"pintanya.(dzy/tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika