Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Bea Cukai Mimika Butuh Kerjasama Media

Kepala Bea Cukai Mimika I Made Aryana/ foto : Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Luas wilayah kerja yang mencakup 3 Kabupaten dengan jumlah personel yang terbatas tidak, tentu tidak mudah untuk melaksanakan tugas dalam mengawasi importasi dan eksportasi di terlebih khusus di pelabuhan Amamapare.

Kepala Bea Cukai Mimika I Made Aryana ketika ditemui di Timika, Minggu (12/8) mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus pada pengawasan importasi dan eksportasi di wilayah pelabuhan Amamapare.

Terkait dengan pengawasan tersebut, tengah melakukan pengawasan terhadap aktivitas bea dan cukai di Amamapare yang dilakukan oleh pihak Freeport dan sub kontraktornya.

"Kita juga sudah melaksanakan informasi intelejen di Pelabuhan Amamapare untuk kegiatan importasi dan eksportasi," kata I Made.

Mengingat, Freeport merupakan perusahaan terbesar yang ada di Timika yang setiap saat melakukan importasi dan eksportasi, dan pada pelaksaannya pun tetap mengikuti pada aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Bea dan Cukai.

Sementara itu ditanya terkait jumlah personel. Made mengungkapkan, personel yang dimiliki oleh Bea dan Cukai Mimika sebanyak 28 orang yang akan tersebar di 3 wilayah kerja diantaranya, Kabupaten Mimika yang terdiri dari dua Pelabuhan Amamapare dan Pelabuhan Paomako, Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Kaimana

"Jadi personel kami berjumlah 28 orang, dan wilayah kamikan ada 3 yaitu Kabupaten Mimika keseluruhan, Kabupaten Deiyai untuk sebagian dan Kabupaten Kaimana," ungkapnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini pengawasan di pelabuhan Paomako tetap dilaksanakan oleh Bea dan Cukai untuk mengawasi pelayaran domestik yang difokuskan pada pengumpulan informasi intelejen.

"Untuk pengawasan Paomako untuk domestik itu dibawa kendali kita untuk pengawasan, tapi fokus kegiatan disana adalah kegiatan dan hanya sebatas pengumpulan informasi," jelasnya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap adanya kerjasama yang dengan media di Timika guna memberikan informasi kepada pihaknya Bea Cukai untuk membantu pelaksanaan tugas.

"Kami juga mohon bantuannya dari rekan-rekan media untuk dapat memberikan informasi untuk membantu pelaksanaan tugas kami," harapnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika