Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Bawaslu Papua Ambil Alih Tugas Panwas Mimika

Logo Bawaslu 

TIMIKA-TABUKA News - Bawaslu Papua mengambil alih tugas  Panwaslu Kabupaten Mimika dan memerintahkan KPU setempat bersama perangkat Panitia Pemilihan Distrik (PPD) segera mempercepat Pleno rekapitulasi perhitungan suara Pilkada Mimika.

Komisioner Bawaslu Papua, Tjipto Wibowo di Timika, Kamis (5/7/18) mengatakan sesuai Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2018 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota, tahapan pleno rekapitulasi suara di tingkat kabupaten/kota dilaksanakan tanggal 4 hingga 6 Juli 2018.

Sementara pleno rekapitulasi suara di tingkat provinsi dilaksanakan tanggal 7 hingga 9 Juli 2018.

Namun di Mimika, pelaksanaan pleno rekapitulasi suara Pilgub Papua dan Pilbup Mimika hingga kini belum dilaksanakan oleh KPU setempat sebab pleno rekapitulasi suara di tingkat PPD belum semuanya tuntas.

"Kami sudah mencatat sebagai temuan bahwa KPU Mimika telah melanggar PKPU tentang program, jadwal dan tahapan. Namun sistem harus tetap jalan sampai tuntas," kata Tjipto.

Ia mengatakan presentasi rekapitulasi suara Pilgub Papua di tingkat KPU Provinsi Papua paling lambat dilakukan oleh setiap KPU kabupaten/kota pada 9 Juli 2018.

Mengingat hal itu, Tjipto mengingatkan jajaran KPU Mimika agar mempercepat proses pleno penetapan rekapitulasi suara Pilgub dan Pilbup di tingkat kabupaten paling lambat pada 8 Juli 2018.

"Mudah-mudahan KPU Mimika bisa selesaikan pleno rekapitulasi suara Pilgub Papua sampai tanggal 8 Juli sehingga tanggal 9 Juli bisa dipresentasikan di tingkat provinsi," jelas Tjipto.

Hingga Kamis petang ini, sebagian besar PPD di Mimika telah merampungkan rapat pleno penetapan rekapitulasi suara Pilgub Papua dan Pilbup Mimika.

PPD yang telah merampungkan pleno penetapan rekapitulasi suara Pilgub Papua dan Pilbup Mimika yaitu PPD Tembagapura, Jila, Hoeya, Alama, Agimuga, Jita, Mimika Timur Jauh, Mimika Tengah, Mimika Barat, Amar, Mimika Barat Tengah, Mimika Barat Jauh, Mimika Timur, Wania, Iwaka, Kuala Kencana dan Kwamki Narama.

Masih tertinggal satu PPD yang belum merampungkan pleno rekapitulasi penetapan suara Pilgub Papua dan Pilbup Mimika yaitu PPD Mimika Baru yang merupakan populasi pemilih terbanyak di Mimika dengan jumlah TPS mencapai 296 TPS dari total 650 TPS di seluruh Mimika.

Khusus terkait Pilbup Mimika, tiga pasangan calon bersaing ketat dalam perolehan suara berdasarkan suara sah yang masuk ke setiap PPD yaitu pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (OMTOB) dengan nomor urut enam, pasangan Hans Magal-Abdul Muis (HAM) dengan nomor urut empat dan pasangan Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra (MUSA) dengan nomor urut tiga.

Pilbup Mimika diikuti tujuh pasangan calon, enam diantaranya berasal dari jalur perseorangan.

Satu-satunya paslon yang diusung koalisi parpol yaitu pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (OMTOB) yang diusung koalisi 12 parpol. (**)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika