Main Area

Main

Bawa Sajam Polpos Kwamki Narama Amankan 16 Warga

Tujuh Warga Yangang Berhasil Diamankan aparat di Kwamki Narama/ foto : Istimewa

TIMIKA, TABUKANews.com - Pol Sub Sektor Kwamki Narama mengamankan sebanyak 16 orang yang membawa Senjata Tajam (Sajam) di Kwamki Narama Distrik KwamkiNarama, Senin (23/4). Setelah mengintensifkan pengamanan pasca perdamaian.

Kapol Sub Sektor Kwamki Narama Iptu Hari Katang mengatakan, 16 orang warga yang diamankan oleh pihak keamanan langsung dibawa ke Polsek Miru untuk diamankan sementara untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan pasca prosesi adat perdamaian.

"Mereka diamankan karena mabuk setelah menerima pembagian dana perdamaian, jadi untuk mengantisipasi kejadian yang tidak kita inginkan, jadi kita tahan mereka," kata Heri Katang.

Ia menjelaskan, sesuai instruksi Kapolres Mimika dan Bupati Mimika pihaknya akan melakukan penyisiran dan penertiban terhadap warga yang membawa sajam dan mengkonsumsi miras. Sebab miras merupakan biang dari segala permasalahan yang terjadi di Kwamki Narama dan Sajam nantinya akan digunakan untuk melakukan tindak kriminal.

"Intinya saat ini mereka terus melakukan penyisiran dan penertiban terkait warga yang membawa panah dan yang mabuk sesuai dengan instruksi Kapolres dan Bupati," jelasnya.

Ia menegaskan dalam penyisiran dan penertiban apabila ada warga yang kedapatan dan melanggar kesepakatan maka yang bersangkutan akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Apabila ada yang melanggar akan ditangkap dan di proses hukum sesuai hukum yang berlaku," tegasnya.

Sementara itu terkait kondisi terkini di Kwamki Narama. Kata Heri Katang, pasca perdamaian antara kedua kubu yang bertikai situasi masih tetap aman dan telah dilakukan proses bakar batu dan pembagian dana. Namun setiap kegiatan yang dilakukan terus dipantau oleh pihak keamanan yang bertugas di Kwamki Narama

"Sejauh ini kondisi Kamtibmas di Distrik Kwamki Narama masih aman pasca perdamaian, saat ini masih dilakukan proses bakar batu dan pembagian dana perdamaian, dan intinya itu yang dipantau oleh kami," terangnya. (tim)

 

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika