Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Banyak Potensi Diubah Menjadi Sumber Energi

Mentri ESDM Ignasius Jonan

 

Timika, Tabukanews.com - Menyikapi terjadinya krisis energi di Kabupaten Mimika yang disebabkan rusaknya beberapa mesin. Mentri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Ignasius Jonan mengatakan, banyak potensi yang bisa di kelola menjadi sumber energi.

Seperti, tenaga air, tenaga tata surya dan beberapa potensi lainnya.

"Untuk PLMTG saya ngak tau yah, tapi disini pembangkit listrik tenaga air, jadi micro hidro, tenaga surya dan sebagainya," kata Jonan ketika ditemui fi RSMM, Kamis (2/5).

Ia mengungkapkan, apabila selama ini masyarakat Mimika selalu berharap kepada PLTD tidak bisa memberikan jaminan dalam kurun waktu kama, karena akan mengalami keausan sehingga perlu peremajaan.

Berbeda dengan potensi yang sudah disediakan dari alam, tinggal bagaimana manusia bisa memaksimalkan potensi yang sudah ada untuk menghilangkan energi.

"Seperti disel, itu yang pelan-pelan harus diganti," ungkapnya.

Kendati demikian, pasokan listrik untuk Kabupaten Mimika harus mencukupi sudah harus bisa melayani kebutuhan masyarakat, tinggal jaringan yang ada harus perluas.

"Sebenarnya kita paham Kabupaten ini pasok listriknya seharusnya cukup dan distribusi hanya jaringan distribusinya yang harus banyak diperbaiki," katanya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika