Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Banyak Permintaan, Panitia HUT RI Mimika Akhirnya Tambahkan Lomba Gapura Kategori Sekolah

Timika,TabukaNews.com - Seksi Perlombaan Panitia HUT RI ke-76 Kabupaten Mimika menambahkan salah satu mata lomba pada perayaan HUT tahun ini yakni Lomba Gapura Kategori Sekolah. 

Penambahan ini dilakukan setelah mempertimbangkan banyaknya sekolah yang ingin terlibat memeriahkan HUT kemerdekaan tahun ini namun tidak ada kategori khusus untuk sekolah.  

Sebelumnya, panitia telah memutuskan 6 mata lomba yang akan dilombakan dengan besaran hadiah yang menggiurkan yakni lomba kebersihan lingkungan, hias kantor, gapura, lomba foto umum, foto wartawan dan tik-tok.

Pada rapat koordinasi panitia seksi lomba di Mozza, Jumat (6/8) yang dihadiri Koordinator Lomba HUT RI Mimika, Syahrial didampingi Ketua Slamet Sutejo dan Sekretaris lomba Ronny Marjen, penambahan tersebut lomba disepakati. Selanjutnya, seksi lomba akan melaporkannya pada panitia umum HUT RI. 

"Kami tambahkan lomba gapura kategori sekolah karena banyak sekolah yang ingin ikut lomba namun belum ada kategori khusus untuk mereka sehingga rapat sore ini, sudah kami putuskan bersama dan akan kami laporkan ke panitia umum," ungkap Syahrial.

Selain penambahan lomba gapura kategori sekolah dan pembuatan flyernya, pada rapat ini juga dibahas beberapa agenda lain. 

Diantaranya penjurian atau tim penilai lomba, kategori penilaian lomba, penunjukan ketua-ketua tim penilaian berdasarkan lomba, pembagian tugas dan kewajiban anggota serta beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan administrasi kegiatan.

"Jadi di rapat ini kami juga bahas apa saja yang menjadi kriteria penilaian baik itu lomba gapura, kebersihan lingkungan, lomba hias OPD serta skor penilaian lomba secaaa keseluruhan," ujarnya.

Syahrial kemudian mencontohkan, kriteria penilaian lomba gapura dan hias kantor serta skor nilainya. 

Untuk kedua lomba ini penilaian didasari pada lima hal yakni karya original (skornya 10), kerjasama tim dalam bentuk foto dan video (10), relevansi atau kaitannya dengan tema HUT ke-76 (30), kreatifitas dan tampilan dalam penggunaan bahan (30) serta nilai seni dan estetikanya (skornya 20).

"Kita samakan kriteria penilaian karena itu yang akan menjadi dasar kita untuk melakukan penilaian nanti. Setelah itu pada Selasa nanti kita akan laporkan ke panitia umum HUT RI Pemda Mimika," ujarnya.

Sementara itu Ketua Seksi Lomba, Slamet Sutejo berharap agar masyarakat ikut berpatisipasi memeriahkan HUT ke-76 tahun ini dengan ikut terlibat dalam perlombaan.

"Walau masih pandemi namun kita berharap warga ikut berpartisipasi. Untuk memudahkan ini, kami lakukan lomba dibagi dalam beberapa kategori seperti untuk kategori masyarakat umum, khusus OPD, BUMN dan BUMD, khusus lingkungan sekolah serta untuk jurnalis dan kawula muda," terangnya.

Pada awal rapat koordinasi ini, hadir pula Panitia HUT RI PB PON Cluster Mimika yang dihadiri Sekretaris Cesar A Tunya. Mereka hadir untuk menyelaraskan beberapa hal.

Di momen HUT RI tahun ini, PB PON Cluster Mimika juga membuat lomba Gapura khusus untuk kelurahan, RT dan RW. 

Hasil koordinasi adalah setiap gapura yang dibuat untuk dilombahkan baik oleh PB PON Cluster Mimika maupun Panitia HUT RI Pemda Mimika harus mencantumkan logo, lambang dan ikon PON 2021 Papua.

Selain kriteria penilaian, salah satu yang disepakati bersama juga adalah dimasukannya loma gapura kategori sekolah yang mana hadianhya nanti akan diberikan oleh PB PON namun untuk penilaian dan sebagainya akan menjadi tanggungjawab Panitia HUT RI Pemda Mimika.

Berikut besaran hadiah uang tunai yang akan direbutkan di tiap kategori lomba. Untuk lomba gapura juara I Rp15 juta, juara II Rp10 juta, juara III Rp7,5 juta. Lomba Tik-tok, juara I Rp5 juta, juara II Rp3,5 juta, juara III Rp2,5. 

Lomba hias kantor juara I Rp 5juta, juara II Rp 3 juta, juara III Rp 2 juta. Lomba Foto Wartawan juara I Rp 5 juta, juara II Rp 3,5 juta, juara III Rp 2,5 juta.

Lomba Foto Umum Juara I Rp 5 juta, juara II Rp 3,5 juta, juara III Rp 2,5 juta. Lomba Gapura Sekolah juara 1 Rp 15 juta, juara II Rp 13juta, juara III Rp 10 juta. (Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika