Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Banyak Pengadaan Alkes Namun Tidak Didukung Tenaga Ahli

Ketua Komisi B DPRD Mimika John Thie/ Foto: Tim/Tabukanews.com

 

Timika, Tabukanews.com - Ketua Komisi B DPRD Mimika John Thie mendesak kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika agar tidak mensuplai makanan dari katering tetapi sebaiknya mempergunakan dapur yang telah dibangun didalam kompleks rumah sakit untuk menyiapkan masakan bagi pasien dan juga para pegawai.

"Dapur mereka sudah dibangun, tapi dokter ahli gizi tidak ada dan mereka tetap kerjasama dengan katering untuk jatah makanan pasien," kata John Thie melalui sambungan telepon, Senin (11/11).

Ia menjelaskan, saran tersebut telah disampaikan oleh pihak DPRD kepada pihak RSUD Mimika hanya saja sampai saat ini belum terealisasi. Ia beranggapan kalau pihak RSUD Mimika yang menyiapkan sendirinya makananya justru lebih baik, disisi lain bisa melihat langsung kebersihan makanan, gizi dan juga jarak antara katering dan RSUD Mimika.

Setiap makanan yang akan dimasak pastinya akan dipantau langsung oleh dokter ahli gizi sehingga makanan yang disajikan benar-benar higienis.

"Kalau kita tahu jarak antara RSUD dengan katering jarak tempuh berapa kilo dan apakah higienis atau tidak," jelasnya.

Sementara itu dirinya juga menyoroti beberapa dokter ahli yang belum ada namun pihak Pemerintah telah menyiapkan alat-alat kesehatan. Pengadaan alat kesehatan tersebut harusnya dibarengi dengan dokter ahli agar alat tersebut bisa digunakan, apabila tidak digunakan maka percuma dan akan mubasir, atau pemborosan anggaran.

Sama halnya dengan ada beberapa dokter ahli di RSUD Mimika namun karena kurang diperhatikan oleh pihak RSUD untuk mempromosikan menjadi pegawai, sehingga mereka memutuskan untuk mencari tempat kerja lain.

"Alat kesehatan rusak, tiap tahun pengadaan alat kesehatan, dan dokter ahli untuk RSUD itupun mereka tidak siapkan," ungkapnya.

Apabila hal tersebut masih terus terjadi namun tidak ada perbaikan dari pihak RSUD Mimika maka dirinya meminta kepada pihak yang berwajib untuk menelusuri penggunaan anggaran tersebut. RSUD Mimika merupakan rumah sakit pemerintah yang menjadi penyangga bagi beberapa kabupaten tetangga sehingga perlu ada perbaikan.

"Coba kejaksaan dan kepolisian untuk cek RSUD, kita mau hubungi dorang saja susah setengah mati, kita jangan kalah dengan RS swasta, kita adalah RS kebanggaan masyarakat jadi pelayanan perlu ditingkatkan," ungkapnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika