Main Area

Main

Bank Papua Bapenda Luncurkan 30 Alat Text Online di Mimika

Foto bersama Kepala Bank Papua Simon Giat, Kepala Bapeda, dan pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika / Foto: Istimewa

Timika, Tabukanews.com - Badan Pendapat Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika bekerjasama dengan Bank Papua Provinsi Papua melaksanakan pemasangan 30 alat text online guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di seluruh Papua termasuk Kabupaten Mimika.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika Dwi Cholifa mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan kelanjutan dari penandatanganan kerjasama beberapa instansi dalam rangka mengoptimalisasikan pendapatan daerah yanf merupakan program dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ini tindak lanjut dari penandatanganan MoU di Jayapura kemarin dengan KPK san Bapenda se-Papua, BPN se-Papua, Kejaksaan se-Papua, khusus untuk optimalisasi pendapatan daerah," kata Kepala Bapenda, Selasa (22/10) saat ditemui di Hotel Mozza.

Ia menjelaskan tujuan pemasangan alat text online tersebut untuk mencatat dan merekam semua transaksi wajib pajak secara riil di Kabupaten Mimika, yang mana pihak Bank Papua memberikan 30 unit text online secara gratis kepada Pemkab Mimika.

 

"Semua itu untuk merekam transaksi wajib pajak," jelasnya.

Ia menambahkan, alat tersebut jiga telah dipasar di beberapa kabupaten kota, yang mana pasca pemasangan alat tersebut PAD disayang daerah mengalami peningkatan.

Untuk tahap pertama ada 3 pendapatan yang telah dilakukan pemasangan baik di hotel, restoran, dan tempat hiburan.

"Alat ini sudah dipasang di Jayapura dan sudah dibuktikan dan mengalami peningkatan karena bisa dipantau lewat handphone," tambahnya.

Kesempatan yang sama Kepala Bank Papua Provinsi Papua Simon Giyai mengatakan, pemasangan alat text online tersebut sejalan dengan penyampaian Kepala Bapenda Kabupaten Mimika yang mana lebih cenderung pada optimalisasi hasil pendapatan asli daerah.

"Jadi tujuan pemasangan itu dalam rangka optimalisasi pendapatan asli daerah," kata Simon Giyai.

Ia menjelaskan, setelah dipasang alat text online tersebut, setiap transaksi baik perhari, per minggu, perbulan dan pertahun akan tercatat dan itu menjadi suatu kelebihan dari alat tersebut.

"Kemarin teman-teman  Bapenda, PT PAC dan Bank Papua sudah memasang alat itu supaya bagaimana kita mmonitor pendapatan pajak dari transaksi yang kita lakukan perhari, perminggu, perbulan dan pertahun," jelasnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika