Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Banjir Iwaka, Warga Mengungsi di Sekolah dan Jalan raya


Timika, TabukaNews.com -  Akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan sekitar 50 rumah warga dan bangunan fasilitas umum gereja serta jalan poros Iwaka RT 4, terendam banjir membuat warga harus mengungsi ke SD dan juga membangun tenda di jalan raya yang dianggap aman dari luapan air.
Informasi yang dihinmpun,  Bencana Banjir yang terjadi di wilayah Kampung Iwaka Distrik Iwaka Kab. Mimika. yang terjadi pada Minggu (26/7/20) diguyur hutan lebat.
Warga Kampung Iwaka Ben S, mengatakan luapan air merendema hampir seluruh kampung di Iwaka. Air masuk ke rumah warga 01.00 Wit dan sekitar pukul 04.30 Wit air masuk kedalam rumah dengan ketinggian mencapai 40 Cm.
“ Saat ini warga yang rumahnya terendam air mengungsi di teras bangunan SDN Iwaka dan sebagian warga membuat tenda di jalan poros RT-4 menghindari luapan air,” jelasnya.
Dengan kejadaian tersebut maka B meninta kepada Pejabat Pemda dan DPRD Kabupaten Mimika untuk datang ke Kampung Iwaka untuk memberi bantuan dan melakukan tindakan nyata agar kampung Iwaka tidak terkena banjir lagi.
Menurutnya,  penyebab banjir di kampung Iwaka itu  akibat curah hujan yang tinggi sehingga debit air sungai Iwaka meluap masuk ke pemukiman warga Kampung Iwaka yang berada didaerah dataran rendah didalam Kampung Iwaka.
Melihat saat ini ketinggian air di Kampung Iwaka tidak setinggi kejadian banjir yang melanda kampung Iwaka tanggal 09 Juli 2020 lalu, namun perlu diantisipasi adanya hujan di daerah hulu sehingga mengakibatkan debit air sungai Iwaka kembali meluap. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika