Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Baliem Waga-Waga Tempat Wisata Baru di Timika yang Wajib Dikunjungi

Timika,TabukaNews.com - Baliem Waga- Waga  tempat wisata baru yang dibangun oleh Serda Panius Kogoya bersama Jemaat Gereja Empat Baptis Timika dibantu Yayasan Pelangi di Jalan Trans Nabire, Kampung Karya Kencana, Distrik Kuala Kencana menjadi salah satu lokasi wisata baru yang wajib dikunjungi  terutama di akhir pekan bersama keluarga. 

Letaknya yang tidak jauh dari Kota Timika, lokasi wisatanya yang aman dan nyaman serta memiliki tempat pemandian yang luas dengan air alam yang jernih tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi warga yang ingin bersantai melapas lela dari segala kegiatan rutinas selama sepekan. 

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya saat ditemui usai meresmikan lokasi pariwisata wisata Baliem Waga-Waga  Selasa (22/6) mengatakan bahwa tempat wisata tersebut dirintis oleh seorang putra asil Papua Serda Panius Kogoya sejak tahun 2009 hingga hari ini diresmikan. 

Panius Kogoya sendiri merupakan salah satu anggota TNI yang berdinas di Kodim 1710 Mimika. 

"Disini alternatif tempat yang bisa di kunjungi, bermain air bersama anak dan keluarga. bawa makanannya sampai disini digelar bisa makan ramai ramai" kata Dandim Yoga 

Sejak dibuka secara umum kepada masyarakat sejak dua minggu yang lalu respon masyarakat akan hadirnya tempat wisata sangat baik bahkan dalam seminggu saja omzet yang diperoleh dari pengunjung yang berkunjung mencapai jutaan. 

Dandim Yoga mengatakan hal terpenting lainnya adalah oranh asli Papua juga  bisa bersaing dalam membangun usaha pariwisata di tanahnya sendiri. 

"Tapi poin yang lebih penting dari itu adalah orang Papua dengan berusaha sendiri nyata sudah ada contohnya sersan Panius Kogoya.Ini dirintis pelan pelan dari tahun 2009  sampai saat ini" kata Dandim Yoga. 

Oleh karena itu dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pariwisata untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Mimika sangat diharapkan terutama pariwisata yang dikelola dam dikembangkan oleh masyarakat Papua. 

"Kalau di dukung dengan bantuan dari Pemda, bantuan yang perlu di bantu itu akan jauh lebih baik lagi" kata Yoga. 

Kedepan tempat wisata Baliem Waga-Waga ini akan terus di kembangkan lagi sehingga para pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata ini betul menikmati suasana di lokasi wisata. 

"Nanti jangka panjang bisa kita buat outbond, kita tata kembali, kita akan buat sepeda air, masih banyak konsep yang nanti kita buat, bertahap dan ini baru awal" kata Dandim Yoga. 

Dandim juga berharap agar di pintu masuk lokasi wisata ini disiapkan cedera mata dari kerajinan lokal masyarakat Papua sehinga hadirnya tempat wisata ini memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada di wilayah yang menjadi lokasi wisata.(tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika