Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Bagian Tapem Gelar Sosialisasi Kajian Pemekaran Distrik dan Kelurahan

Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Mimika menggelar Sosialsisasi Kajian Pemekaran Distrik dan Kelurahan Kabupaten Mimika di Ruang Cenderawasih Hotel Serayu Rabu (11/12)./Foto : Tim

 

Timika, Tabukanews.com, Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Mimika menggelar Sosialsisasi Kajian Pemekaran Distrik dan Kelurahan Kabupaten Mimika di Ruang Cenderawasih Hotel Serayu Rabu (11/12).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memahami konsep pemekaran distrik dan kelurahan berdasarkan peraturan yang berlaku dan menyamakan persepsi dasar guna melengkapi data yang diperlukan dalam dokumen kajian pemekaran distrik dan kelurahan.

Hadir pada giat ini, para kepala distrik dan lurah beserta sekretaris se-Mimika dengan jumlah 150 peserta. Nara sumber yang dihadirkan adalah Edi Cahyono S.SGP. MAP dari Kementerian Dalam Negeri RI dan perwakilan dari Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi Papua.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob yang membuka kegiatan ini, mengatakan angka laju pertumbuhan penduduk terus meningkat secara nasional namun luasan wilayah tetap.

Hal ini mengakibatkan suatu daerah semakin padat dengan penduduk. Kepadatan penduduk tentu berimbas pada pelayanan pemerintah. Tak heran jika masyarakat membutuhkan pelayanan yang mudah dijangkau.

Menurutnya, saat ini pemekaran wilayah dipandang sebagai terobosan untuk mempercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas dan kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat.

“Pemekaran wilayah juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam memperpendek rentang kendali pemerintah sehingga meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan pembangunan," katanya.

Lanjutnya, pemerintah pada masa sekarang berfungsi memberikan pelayanan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan memberikan pelayanan publik yang baik serta optimal. Optimalisasi proses dan pelayanan merupakan komponen untuk mewujudkan pemerintahan yang baik.

"Diharapkan nanti dengan adanya pemekaran distrik dan kelurahan dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Mimika," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup John juga menyampaikan bahwa berdasarkan data di Kementerian Dalam Negeri baru 64 persen penduduk di Mimika yang mempunyai data Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Hal ini harus menjadi tugas di kelurahan dan distrik untuk mengecek ke RT terkait kebenaran nama dan data. Disdukcapil pun terus berupaya membuat inovasi tentang kependudukan.

"2020 nanti ada pendataan dari Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan Disdukcapil Mimika untuk sensus penduduk. Kita mau data jumlah data penduduk yang punya NIK dan berapa orang asli Papua dan lainnya. Kita harus tahu jumlah suku bangsa yang ada di Mimika berapa juga data orang miskin secara kuantitatif. Kita mulai merubah mindset (cara berpikir-red) kita untuk turun langsung ke lapangan. Kita hadir untuk melayani bukan dilayani," tandasnya. (Tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika