Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

BA Hasil Pleno 18 PPD Dibagikan, OMTOB Menang Pilkada Mimika

TIMIKA, TABUKANews.com 

Berita Acara (BA) hasil pleno 18 PPD (Panitia Pemilihan Distrik (PPD) se-Kabupaten Mimika akhirnya dibagikan Senin (9/7). Betdasarkan form DAA KWK, DA KWK dan DA-1 KWK dari 18 PPD pasangan Eltinus Imaleng - Johannes Rettob (OMTOB) memperoleh 60.629 suara. 

Meskipun terbilang menang telak, namun menurut calon wakil Bupati Johannes Rettob, angka itu meleset dari target tim pemenangan, sebesar 80.000 suara.

 

Hal itu dikatakan John usai menerima sertifikat hasil pleno PPD, Senin malam.

John menyebutkan, hasil rekapitusi dari form DA KWK, DAA KWK dan DA-1 KWK yang dipegangnya, Paslon nomor urut 1, Petrus Yanwarin dan Alpius Edowai (PETRALED) memperoleh 5.508 suara atau 3,01 persen. Paslon nomor urut 2 Robertus Waropea dan Albert Bolang (RnB) memperoleh 15.736 suara atau 8,61 persen. Paslon nomor urut 3 Wilhelmus Pigai dan Athanasius Allo Rafra (MUSA) memperoleh 31.217 suara atau 17.08 persen. Paslon nomor urut 4, Hans Magal dan Abudul Muis (HAM) memperoleh 55.248 suara atau 30,22 persen. Paslon nomor urut 5, Maria Florida Kotorok dan Yustius Way (MARIUS) memperoleh 1.727 suara atau 0,94 persen. OMTOB memperoleh 60.629 suara atau 33,16 persen. Sedangkan paslon nomor urut 7, Philipus B Wakerkwa dan H Basri (PHILBAS) memperoleh 12.747 suara atau 6,97 persen.

"Berdasarkan data itu, kita sudah tahu kalau OMTOB sudah menang, tinggal diputuskan saja. Tinggal ketok palunya saja," katanya.

Ia berharap, KPU Mimika menggelar pleno sesuai tata laksana yang diatur dalam Peraturan KPU nomor 9. Semestinya pleno KPU Mimika, Selasa (10/7) berlangsung cepat karena hanya tinggal mencocokkan dokumen yang dipegang ketujuh Paslon dan Bawaslu Papua selaku Panwas dengan yang dibacakan anggota PPD.

"Jumlah ini diapstikan tak akan berubah lagi karena sudah ada di masing masing saksi dan Panwas. Mestinya sudah tidak ada masalah dan tidak ada protes lagi karena sudah selesai di tingkat PPD," pungkasnya.

Kesempatan itu John menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mimika yang telah berpartisipasi dalam Pilkada serentak tahun 2018, khususnya yang mendukung dan memilih OMTOB di hari pencoblosan.

"Terima kasih sudah memberikan dukungan dan kita sudah mencapai hasil dengan memenangkan Pilkada Mimika. Terima kasih juga kepada aparat keamanan, TNI - Polri yang siaga siang malam agar pesta demokrasi aman dan lancar,'ucapnya.

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika