Main Area

Main

ASN Wajib Pegang Teguh Sumpah dan Janji ASN

                      Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Mimika,  Ausilius You SPd, MM, MH / Foto : dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Mimika,  Ausilius You SPd, MM, MH meminta   seluruh CPNS Kategori II yang baru diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap berpegang teguh pada sumpah dan janji yang diucapkannya ketika sudah menjadi ASN atau PNS.

Hal ini disampaikan You saat memberikan arahan  pada acara  pengambilan sumpah janji dan penyerahan surat keputusan (SK) pengangkatan ASN  tahun 2018 di lantai II Gedung A Kantor Sentra Pemerintahan SP3,  Distrik Kuala Kencana, Kamis (3/5).

“Sumpah dan janji pegawai harus dilaksanakan dengan baik. Sumpah dan Janji adalah satu kesanggupan untuk mentaati semua aturan-aturan kepegawaian. Sumpah janji disaksikan oleh Tuhan dan seluruh ASN yang hadir sehingga yang bersumpah dan berjanji harus jalankan dengan penuh tanggungjawab,”kata You.

You mengatakan sebagai abdi negara dan juga sebagai abdi masyarakat seorang ASN harus menjadi cermin dan tetap menjaga sikapnya dalam kehidupan  pemerintahan, masyarakat dan negara.

Pengambilan sumpah dan janji menjadi ASN sebagai bagian dari upaya pembinaan ASN sebagai abdi negara dan abdi masyarakat  harus mempunyai kesetian terhadap dan ketaatan terhadap pancasila, UUD 1945 dan pemerintah  serta memiliki mental yang baik, jujur, bersih dan penuh tanggung jawab terhadap tugas  dalam mendukung usaha pemerintah mendorong terciptanya pemerintahan  yang baik.

“Seorang ASN yang menjalankan tugas negara harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya  dalam pelaksanaan tugas tersebut  keiklasan, kejujuran dan tanggung jawab. ASN senantiasa melaksanakan tugas sesuai dengan  kententuan, Sebagai abdi negara , sebagai abdi masyarakat  harus peka dan tanggap  dengan setiap persoalan yang timbul di masyarakat,” ajak You.

You menambahkan  dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat maupun saat menjalankan tugas, sikap dan tingkahlaku  seorang ASN harus menjadi cerminan dalam menjalankan  pemerintahan. Sumpah dan janji yang diikrarkan sesuai dalam agama masing-masing, bukan saja soal kesanggupan dan ketulusan terhadap atasan namun kesanggupan terhadap Tuhan  atas  apa yang diikrakan,” kata You.

You mengajak 331 CPNS yang diangkat menjadi ASN  wajib menerapkan 10 budaya malu dalam menjalankan tugas sehari-hari.  Ke 10 budaya malu itu adalah malu terlambat masuk kantor, malu tidak ikut apel, malu tidak masuk kerja tanpa alasan, malu sering meminta izin tidak masuk kerja, malu bekerja tanpa program, malu pulang kantor sebelum waktunya, malu sering meninggalkan kantor tanpa alasan, malu bekerja tanpa bertanggung jawab, malu kalau pekerjaan terbengkalai  serta malu sering berseragam tanpa atribut lengkap. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika