Main Area

Main

Antisipasi Isu Konflik ke Timika, Polres Mimika Gelar Razia

Puluhan Senjata Tradisional Diamankan di Kwamki Narama/ Foto: Ricky Lodar/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Menindaklanjuti adanya informasi warga terkait pemindahan lokasi konflil dari Ilaga Kabupaten Puncak Ke Kabupaten Mimika.

Polres Mimika menggelar razia senjata tajam (sajam) yang berlokasi di check Point 28 bundaran Bandara Internasional Mosez Kilangin Timika, Rabu (12/6).

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S. IK. MH mengatakan, kegiatan razia yang dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya perang, setelah adanya informasi dari warga terkait pemindahan lokasi pernah dari Ilaga Kabupaten Puncak ke Kabupaten Mimika.

"Informasi dari masyarakat bahwa ada usaha dari sekelompok massa berusaha memindahkan perang di Ilaga ke Mimika, ini kita antisipasi jangan sampai terjadi," kata Kapolres Mimika saat ditemui di Kwamki Lama Distrik Kwamki Narama, Rabu (12/6).

Razia tidak hanya dilakukan di bundaran Bandara yang merupakan pintu masuk ke Distrik Kwamki Narama tapi, juga di beberapa lokasi yang merupakan basis masyarakat yang dari wilayah pegunungan, seperti Kwamki Narama, SP 12, dan SP 8.

"Oleh karena itu kita laksanakan rasia setiap kendaraan yang masuk ke kwamki lama, sp 12, dan sp 8. Ini razia sifatnya stasioner dan mobile," ungkapnya.

Dalam razia tersebut, setiap kendaraan yang akan melintasi bundaran bandara tujuan Kwamki Narama akan di periksa, apabila ditemukan warga yang membawa sajam berupa parang dan alat perang tradisional maka akan disita.

Terbukti sebanyak 15 warga berhasil di amankan, yang mana empat orang tersebut kedapatan membawa sajam sehingga akan diproses hukum, mereka dikenakan pasal UU Darurat.

"Kemarin kami amankan 15 orang, 4 diantaranya kedapatan membawa sajam dan tentu saja kita akan proses hukum," terangnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk menyiapkan satu pesawat untuk memulangkan warga yang diamankan tersebut, sekaligus memberikan warning bagi pihak-pihak yang menginginkan adanya perang di Kabupaten Mimika.

"Sementara yang lainnya kami sudah amankan, saya sudah bicara dengan pak Sekda dan Ketua DPRD nanti kita siapkan pesawat untuk kita kembalikan ke ilaga," tegasnya. (Jrl).

 

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika