Main Area

Main

Angka Kriminalitas Meningkat di Mimika Tahun Ini

Foto: Kasat Reskrim Polres Mimika AKP I Gusti Agung Ananta Pratama / Dok.Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Terjadi peningkatan angka kriminalitas di wilayah hukum Polres Mimika periode Januari hingga Agustus 2018 jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka kriminalitas di dominiasi kasus pencurian di kompleks perumahan warga.

"Data total angka kriminalitas meningkat," kata Kasat Reskrim Polres Mimika AKP I Gusti Agung Ananta Pratama kepada wartawan, Rabu (19/9).

Namun demikian, masih dengan membandingkan periode tahun lalu, pengungkapan kasus kriminalitas hingga Agustus tahun ini juga meningkat signifikan. Peningkatannya bahkan mencapai kisaran100 persen lebih.

"Pengungkapan kasus kita meningkat jadi 43,46 persen dari total jumlah kasus. Tahun lalu hanya 18 sampai 20 persen," katanya.

Peningkatan persentase pengungkapan itu, jelasnya, terjadi berkat komitmen jajaran Polres Mimika menyelesaikan setiap kasus tanpa pandang tingkat kesulitannya. Banyak kasus akhirnya diselesaikan dengan mekanisme alternative dispute resolution (ARD) atau jalan damai.

Selain pencurian, kasus dominan yang menonjol di Kota Timika hingga Agustus 2018, antara lain kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), penganiayaan, kasus perlindungan anak.

Untuk menurunkan angka kriminalitas, Polres Mimika telah mengagendakan gelar operasional analisa dan evalusi setiap bulan. Lokasi-lokasi rawan tindak kriminal di Kota Timika akan dievaluasi setiap saat, mulai dari waktu dan tempat kejadian perkara hingga memetakan modus para pelaku.

"Tidak ada kita beri ruang kepada para pelaku kejahatan ini," tegas Agung. (Rfl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika