Main Area

Main

Anggota DPD RI Ruben Uamang Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Timika

Pdt Ruben Uamang, S. Th, MA bersama masyarakat yang menerima buku 4 pilar kebangsaan dan sertifikat keikutsertaan sosialisasi/ Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  RI sekaligus MPR RI, Pendeta Ruben Uamang, S.Th MA mengadakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Kabupaten Mimika yang diikuti oleh perwakilan masyarakat dari Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak dan Kabupaten Intan Jaya yang berlangsung di Jalan  Irigasi,Kelurahan Pasar Sentral, Timika, Selasa (22/11).

Pendeta Ruben Uamang mengatakan sosialisasi Empat Pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika merupakan kewajiban dari semua anggota DPD RI dan MPR RI untuk mensosialisasikanya pada daerah pemilihanya. Pada Pendeta Ruben Uamang yang merupakan anggota dari Dapi Papua, maka acara ini digelar dibeberapa kabupaten di Papua seperti Jayapura, Wamena, Timika, Yahukimo, Puncak dan Intan Jaya.

“Inilah Papua memilih hanya saya untuk DPD RI di Jakarta mulai dari Timika sampai Yahukimo memilih saya. Wamena, Jayapura, Papua Barat. Yang saya datang ke Timika, tugas saya daerahnya banyak mulai dari Yahukimo sampai Timika yang diutus di DPD RI saya juga anggota MPR RI,” jelas Pendeta Ruben.

Diungkapkanya, Undang-Undang untuk lima tahun ke depan yakni tahun 2019-2024 telah dibuat sebagai landasan untuk aturan di negara ini. Maka, hal ini harus dibaca, mengerti dan dipahami oleh masyarakat di Papua.

Dalam acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, masyarakat dari tiga kabupaten menikmati santap bersama dari upacara bakar batu. Untuk kebersamaan ini juga Ruben, mengungkapkan rasa terima kasihnya karena masyarakat terutama kaum ibu telah ikut membantu dan mensukseskan acara ini.

“Melalui acara ini sekaligus kita bakar batu. Mengumpulkan masyarakat dan keluarga saya, terima kasih kepada ibu-ibu yang telah membantu,” ujarnya.

Selain kepada masyarakat dan kaum ibu-ibu, Pendeta Ruben juga mengapresiasi adanya dukungan dari para kepala-kepala kampung dan tokoh-tokoh masyarakat dari tiga kabupaten yang telah mendukungnya untuk menjadi wakil rakyat di Senayan.

Untuk itulah, sebagai wakil rakyat dari Dapil Papua, ia wajib untuk memberikan sosialisasi soal empat pilar kebangsaan ini kepada masyarakat yang telah memilihnya. Kepada masyarakatnya, Ruben berharap agar setelah sosialisasi ini, dengan dibagikanya buku empat pilar kebangsaan, masyarakat bisa lebih paham soal aturan dan Undang-Undang di negara ini.

“Kami sosialisasikan empat pilar ini, dengan buku yang saya bagikan, dibacakan aturan yang telah kami buat, soal aturan dalam buku ini panjang, kalau saya jelaskan nanti bosan, jadi kalian baca. Bisa baca UU tadi,” jelas Ruben.

Dihadpaan ratusan masyarakatnya, Ruben mengatakan ia tidak datang dengan maksud apa-apa dan tidak ada tujuan lainya. Ia hanya datang untuk kepentingan masyarakat Papua saja. Ia berharap dengan kedatanganya ini, masyarakat bisa lebih memahami soal aturan dan apa saja yang menjadi hak-hak orang Papua, terlabih Papua adalah daerah Otonomi Khusus (Otsus).

“Saya datang tidak ada muatan lain, tapi saya datang untuk sampaikan aturan ini,” ungkapnya.

Ditambahkanya, pihaknya di Jakarta juga telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk Papua. Pansus ini ada untuk membantu menjawab dan memberikan solusi atas sejumlah permasalahan yang terjadi di Papua seperti soal Otsus yang belum tepat sasaran hingga konflik antar masyarakat sampai adanya tindak pelanggaran HAM pada orang Papua.

“Maka ini penting sekali kami sampaikan bahwa Papua ini penting sekali, daerah lain di Indonesia Barat mereka tidur, makan dan sekolah dengan baik, sebaliknya di Papua banyak konflik seperti peperangan, KKB, ada banyak masyarakat yang masih tinggal di hutan,” tambahnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika