Main Area

pesparawi xiii

Main

Anak Papua Harus Bisa Jadi Tuan di Negeri Sendiri

Elminus B Mom,SE/Foto: Evan Soenarie


TIMIKA, TABUKANews.com - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang awalnya diselenggarakan secara online akhirnya dibatalkan oleh Pemerintah Provinsi Papua, dalam hal ini Gubernur Papua, Lukas Enembe yang didukung 28 bupati dan satu wali kota serta Majelis Rakyat Papua (MRP) di Jayapura beberapa waktu lalu.

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus Mom saat ditemui Tabukanews.com, diruang kerjanya, Rabu (7/11) mengatakan, bahwa langkah yang ditempuh oleh pemangku jabatan di Provinsi Papua sangatlah tepat, mengingat proses penerimaan CPNS dengan sistem manual akan memberi peluang besar bagi putra dan putri asli Papua untuk bisa tembus.

"Saya sangat setuju dengan langkah Gubernur Papua, MRP, dan semua Bupati dan wali kota yang disepakati di Jayapura kemarin. Ini tentunya sangat menguntungkan putra asli Papua untuk bisa mengabdi pada negara," tuturnya.

Ia menjelaskan, bahwa sudah saatnya anak-anak Papua bisa menjadi tuan diatas negeri mereka sendiri, mengingat begitu banyak posisi strategis yang tidak diduduki dan dijabat oleh putra asli Papua, dalam hal ini putra asli Mimika.

"Tidak bisa dipungkiri kalau kemarin-kemarin banyak posisi ditiap-tiap dinas dipegang oleh saudara kita yang datang merantau di Timika, karena memang peradaban di Mimika lambat berjalan dibandingkan di wilayah Papua lainnya. Tapi sekarang anak-anak Papua ingin bangkit untuk bisa memimpin negeri mereka sendiri," ujarnya.

Ditambahkan lagi, bahwa anak Papua seharusnya menjadi prioritas pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten apabila mereka berniat untuk mengabdikan diri menjadi pegawai, karena merekalah yang akan menjadi calon pemimpin dimasa yang akan datang.

"Contoh kasus kemarin saat seleksi Praja IPDN yang sama sekali tidak mengakomodir putra asli Papua. Tapi setelah diprotes, akhirnya dilakukan seleksi ulang," imbuhnya. (Evan/Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika