Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Aleks : Pokir Dewan Harus Direalisasi Tahun Depan

Timika,TabukaNews com - Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme mengungkapkan kebutuhan paling mendesak yang diperlukan mayoritas warga yang berdomisili di wilayah pegunungan Mimika adalah pembangunan infrastruktur jembatan, yang menjadi akses vital yang menghubungkan dari desa ke desa dan dari pemukiman warga ke fasilitas pelayanan publik.

Selain itu warga juga meminta bantuan pemerintah dalam pembangunan rumah ibadah  mereka.

Legislator Nasdem itu mengungkapkan saat menggelar Reses Tahap Satu Tahun 2021 pada pekan kemarin, pihaknya menjumpai warga di Dapil 5 tepatnya di Kampung Umpliga Distrik Jila. Aleks bersama Legislator Dapil 5 lainnya Ancelina Beanal dan Sasiel Abugau.

“Kebutuhan pembangunan jembatan menjadi hal yang penting. Sebab di masa penghujan ini aliran air sungai menjadi deras dan tidak mudah diseberangi warga. Sementara dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari warga perlu ke kebun melewati sungai. Ada kalanya juga warga hanyut saat nekad menerjang air deras itu. Oleh karenanya  pemerintah diminta mengakomodir keperluan infrastruktur itu.

Total ada sekitar 10 jembatan yang harus dibangun pemerintah di Distrik Tembagapura dan Jila,” ujarnya kepada awak media, Jumat (9/4).

Ia menegaskan, bila tidak diakomodir dalam program pemerintah melalui OPD-OPD, maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas melalui hak Budgeding Dewan. Tiga hak Dewan, kata Aleks, adalah untuk mengurangi, menambah alokasi dana untuk suatu program, serta mencoret kegiatan yang dinilai tidak pro rakyat.

“Saya menyatakan tidak main-main untuk memperjuangkan aspirasi rakyat pegunungan dan pesisir serta wilayah luar kota lainnya agar diakomodir di APBD pemerintah tahun 2022,” tegasnya.

Namun demikian ia bisa memaklumi bila alasan penanggulangan Covid-19 membuat tidak dijawabnya pembangunan infrastruktur bagi warga wilayah pegunungan Mimika di tahun 2021 ini. Apalagi ditambah hajatan nasional PON XX Papua dan Pesparawi, di mana Kabupaten Mimika menjadi tuan rumahnya.

Namun untuk APBD tahun 2022, ia menyatakan pemerintah tidak bisa lagi terus-terusan mengabaikan aspirasi warga konstituen yang dijaring para Legislator  lewat kegiatan Reses.

“Sebagai wakil rakyat yang diutus warga untuk duduk di lembaga konstitusi daerah, maka sudah menjadi tugas anggota dewan untuk berjuang mewujudkan program pembangunan pemerintah yang menyentuh kebutuhan langsung warga di akar rumput,” tandasnya. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika