Main Area

pesparawi xiii
robby omaleng

Main

Absensi Elektronik Setwan Mimika Tingkatkan Kinerja Pegawai

Timika, TabukaNews. Com - Kini para pegawai di  Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Mimika, absensinya menggunakan absensi elektronik finger print atau sidik jari dan scan retina bola mata. Hal ini menindak-lanjuti keputusan Bupati Mimika dalam rangka peningkatan disiplin pegawai.

Kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (18/3), Kabag Umum Setwan, Paniati SH MH, menyambut baik instalasi absensi itu, karena dinilai dapat menjadi tolak ukur kinerja pegawai di Setwan yang berjumlah 121 orang dengan perincian 40 orang ASN dan 81 orang tenaga honorer.

Apalagi absensi ini langsung terkoneksi ke Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setda Mimika, sehingga data langsung terinput ke sistem kepegawaian dan dapat langsung diketahui pada hari itu juga, pegawai yang masuk kantor dan yang tidak. Ini akan berdampak pada kesesuaian penghasilan dan hak pembayaran pegawai bersangkutan.

Paniati menambahkan, dengan sistem ini memungkinkan atasan untuk menilai kinerja para pegawai. 

Dapat diketahui pegawai mana yang sering mangkir maupun yang rajin kantor, sehingga berlaku azas keadilan dalam penerimaan gaji dan hak pegawai lainnya ke depan. 

Namun yang paling penting, katanya, adalah bisa mendongkrak disiplin dan kinerja pegawai dalam menghadirkan pelayanan prima.

Ia menambahkan, sesuai instruksi Sekda Mimika Michael Gomar bahwa absensi masuk kantor paling terlambat adalah pukul 08.30 WIT dan pulang paling cepat pukul 15.00 WIT. Apabila terlambat datang atau pulang lebih cepat maka akan ada sanksi yang diterima pegawai bersangkutan baik itu ASN maupun honorer.

Instalasi absensi elektronik itu merupakan bagian dari kelengkapan 6 OPD yang di kantornya belum dipasang mesin absen. Absensi elektornik ini bersifat wajib dan tidak ada tawar-menawar dan juga tidak bisa dimanipulasi seperti sebelumnya, absensi manual. (Dezy)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika