Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

79 CPNS Mimika Diambil Sumpah Dan Janji Sebagai PNS

Timika. TabukaNews. Com - Sebanyak 79 Calon Pegawai Negeri Sipil yang terdiri dari dokter dan bidan PTT, serta lulusan D-1 STAN. merupakan formasi 2017, Senin (7/10/19), diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil Pemda Mimika. Setelah diambil sumpah dan janji PNS yang dilaksanakan di Gedung A Sentra Pemerintahan.  

Pengambilan sumpah janji serta penandatangan SK,  dipimpin langsung  Wakil Bupati Johannes Rettob didampingi Penjabat Sekda Mimika, Marthen Paiding. 

CPNS Formasi 2017, yang diangkat menjadi PNS diantaranya,  dokter PTT (4 orang), bidan PTT (63) pegawai BPKAD (2), Badan Pendapatan Daerah (2) Dinas Pertanian (3), Bagian Tata Pemerintahan Setda (2), Distrik Mimika Baru (1), Dinas Kesehatan (1) dan pegawai RSUD Mimika (1).

Bersamaan dengan momen ini, sebanyak 597 ASN Pemda Mimika juga menerima Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat periode 1 Oktober 2019. 

Penyerahan SK secara simbolis dilakukan oleh Wabup John Rettob, kepada 6 perwakilan pegawai dari tiap OPD Pemda Mimika. Saat apel pagi. 

Dari 597 orang, kenaikan pangkat golongan IV/C diberikan kepada 7 pegawai, golongan IV/a dan IV/b (36), golongan III (256), golongan II (260) dan golongan I sebanyak 38 pegawai.

Wabup John Rettob mengatakan pengangkatan 79 PNS ini didasari pada Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, pasal 35 bagian ketujuh PP nomor 11 tahun 2017 tentang pengangkatan CPNS menjadi PNS dan Pasal 38 bagian kedelapan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang sumpah janji PNS.

“Pengangkatan ini bertujuan untuk meningkatkan sikap loyalitas agar mereka dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai kebutuhan instansi.” Ujarnya. 

 

Selain itu, menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharuan dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa serta memanfaatkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat.

“Bupati dan saya mengucapkan proviciat buat kalian. Jadikan ini sebagai motivasi dan semangat dalam bekerja untuk melayani masyarakat,” ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa, terkadang ketika seorang pegawai diangkat menjadi ASN, bukannya menjadi lebih giat bekerja namun ada kecenderungan malas berkantor.

“Ini banyak pengalaman. Biasanya kalau masih jadi honorer atau CPNS rajin masuk. Tetapi ketika jadi PNS sudah masa bodoh. Yang tinggal di pedalaman langsung hilang,” katanya.

Ia berharap, hal ini jangan terjadi pada 79 ASN yang baru saja diambil sumpah setianya. 

 

Wabup meminta mereka untuk lebih giat dalam bekerja sehingga dengan pergantian status CPNS menjadi PNS itu harus jadi semangat dan motivasi buat diri sendiri dan yang lain.

“ Kami akan terus pantau kehadiran kalian. Harapan kami, sumpah dan tandatangan yang kalian ikrarkan ini dipegang teguh dengan penuh tanggungjawab. “ terangnya. 

Ditambahkan,  Tuhan yang akan melihatnya,  Bekerjalah dengan sungguh-sungguh agar semua ini memberikan makna yang berarti bagi banyak orang. Selamat bergabung dan proviciat buat kalian semua. 

Sementara itu,  Kepala BKD Paskalis Kirwelakubun pada kesempatan itu mengatakan, pengangkatan CPNS menjadi PNS formasi 2017 ini merupakan yang terakhir.

 

“Yang dari STAN, mereka kemarin prajabatan sama-sama jadi pengangkatan satu kali. 2 orang dari IPDN juga ikut karena sesuai surat dari kemendagri, mereka yang ditempatkan disini kalau ada pengucapan sumpah harus dilibatkan jadi mereka kita sertakan,” jelasnya.

Lanjut dia “Jadi semua sudah clear, tidak ada lagi. Hanya menunggu hasil penerimaan yang kemarin, tunggu mereka prajabatan dulu, baru diambil sumpah janji lagi,” ungkapnya.

Salah satu ASN yang juga diambil sumpahnya adalah drg. Eka Yulanti Puspitasari. Sejak 1 Juni 2013 ia telah bertugas di Puskesmas Mapurujaya sebagai dokter gigi PTT dari Kementerian Kesehatan RI.

Dan pada 1 Mei 2015, ia bersama bidan-bidan PTT lainnya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemda Mimika. 

Ia mengucapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Allah SWT karena semua boleh terjadi karena izin dan berkahNYA.

“Saya pribadi berterima kasih kepada pemda Kabupaten Mimika karena pengabdian kami selama disini mendapat perhatian dari pemerintah daerah sehingga kami dapat sepenuhnya diangkat menjadi PNS Pemda Kabupaten Mimika,” ungkapnya.(tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika