Main Area

Main

76 Atlet Atletik Berencana TC di MSC

Foto Bersama/Foto : Tim

Timika,TabukaNews.Com - Terkait dengan pencanangan pemusatan latihan oleh KONI Papua untuk memanfaatkan semua sarana prasarana yang tersedia di Papua, maka salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON 2020 salah satunya  Atletik dengan jumlah atlit 76 orang direncanakan akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Mimika Sport Complex (MSC).

Hal ini disampaikan oleh pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengprov PASI) Papua bersama pengurus KONI Provinsi Papua dalam kunjungan di Kantor KONI Kabupaten Mimika, Sabtu (21/9).

Melalui Bidang Pembinaan dan Prestasi (Brinpes) KONI Papua, Benny Maniani menyampaikan, bahwa cabor atlit PASI merupakan cabang olahraga unggulan sehingga sangat diharapkan untuk mendapatkan medali lebih banyak. 

Oleh karena itu sarana prasarana di MSC dinilai sangat memadai, maka pihak KONI Papua sudah ambil keputusan agar cabang ini harus dipindahkan untuk mempersiapkan diri di Mimika.

"Karena cabang atletik ini menjadi prioritas kami dan kami berusaha untuk memaksimalkan cabang ini, apalagi kita sudah melihat sarana prasarana yang ada di dalam MSC," Ungkapnya.

Ia juga berharap dengan surat dari Gubernur yang selaku Ketua Umum KONI Papua kepada PTFI dan Pemda Mimika itu secepatnya bisa diijinkan untuk menggunakan sarana prasarana di MSC.

"Kami mohon lebih cepat lebih bagus karena dengan waktu sisa 14 bulan itu adalah waktu yang sempit buat kami. Selain itu kami juga berpikir bahwa semua cabor yang akan dipertandingkan setelah ditetapkan oleh PB PON yang akan dipertandingkan di Mimika yang mana sarana prasarana sudah siap alangkah bagusnya bisa bergeser.  Supaya pada saat pertandingan nanti mereka sudah tahu kondisi disini," Ungkapnya.

Sementara itu  Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Papua, George Weyasu mengatakan bahwa kunjungan dengan melihat sarana prasarana MSC itu terkait pencanangan pemusatan latihan yang dicanangkan oleh KONI Papua yang dilaksakan pada tanggal 19 Agustus lalu di Satdion Mandala Jayapura.

" kita mulai melaksanakan pemusatan latihan dengan manfaatkan semua sarana prasarana yang tersedia di Papua. untuk itu sarana prasarana cabang olahraga atletik kita di Mimika itu sudah untuk pemustana latihan," terangnya.

Disampaikan juga, bahwa dengan melihat Stadion Mandala Jayapura yang sedang dilakukan renovasi untuk itu atletik secepatnya harus dipindahkan untuk TC di Mimika.

"Kita sudah lihat sarana prasarana di MSC yang sudah bagus dan sudah siap digunakan, cuman dari sisi administrasinya harus ada serah terima dari PTFI kepada Pemda Mimika, tapi paling tidak mereka dapat berikan ijin kepada kita untuk atletik lakukan TC akhir Sepetember, supaya waktu tidak terbuang," ujarnya.

Sedangkan Ketua Harian PASI Papua, Yulianus W menuturkan bahwa setelah berkunjung dan melihat sarana prasarana di MSC,dan para atlit yang akan dipindahkan untuk pemusatan latihan di MSC itu akan memacu pada siklus kedua di akhir Februari.

"Kita sangat membutuhkan fasilitas tempat ini yang kami harapkan dan inginkan supaya menambah semangat atlit-atlit karena 76 atlit di cabang atletik ini belum final dan pada siklus kedua akan sisahkan 54 orang  dapatkan tiket masuk ke PON 2020, Jadi kami minta dukungan KONI Mimika dan PTFI," jelasnya.

Menambahkan, dengan sarana prasarana yang sudah disiapkan di Mimika, PASI Provinsi Papua sudah mempunyai nomor-nomor yang sudah menjadi terget dapatkan medali emas.

"kalau mau dilihat TC kami terhitung dua bulan lebih dan apabila dibandingkan dengan di Provinsi lain yang dua tahun TC itu kita tidak akan mampu menyamai tapi saya percaya bahwa di tahun ini suatu era kebangkitan atlit-atlit papua yang diinginkan Gubernur sebagai aikon papua," Terangnya.

Pihaknya juga berharap Binpres PASI Pemprov Papua,Mathias Rumkoren dan Konsultan KONI Pemprov Papua,Paulus Pesurnay agar KONI Mimika dan PTFI bisa membantu memberikan ijin untuk melakukan latihan di MSC.

"Kami sudah siapkan parameternya, karena ada sekitar 300 unit latihan dan ini banyak apalagi waktu sisa 14 bulan. Jadi dengan kesemuanya siap maka segala target bisa tercapai, saya yakin peningkatan prestasi yang setiap tahunnya 2 persen akan meningkat jadi 4 persen," Ungkap Paulus.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika