71 Persen Lebih Realisasi Pendapatan dan Belanja Pemerintah 2020

 71 Persen Lebih Realisasi Pendapatan dan Belanja Pemerintah 2020

Timika,TabukaNews.com - Rapat Paripurna 1 Masa Sidang 2 DPRD Kabupaten Mimika tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban LKPJ Bupati Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2020 dan, Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2020, Rabu (7/7).

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua 1 DPRD Mimika Aleks Tsenawatme bersama Wakil Ketua 2 Yohanis Felix Helyanan dihadiri para Anggota DPRD Mimika serta Sekda Mimika Michael Gomar dan para Kepala OPD serta Forkopimda Kabupaten Mimika dan jajaran.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam pidatonya melaporkan realisasi Pendapatan APBD Pemkab Mimika 2020 sebesar Rp 2 triliun 386 milyar 412 juta lebih atau sebesar 71 koma 91 persen. Dari jumlah yang ditargetkan sebesar 3 triliun 319 milyar 220 juta rupiah lebih dalam APBD 2020.

Selanjutnya realisasi Belanja APBD 2020 sebesar 2 triliun 687 milyar 169 juta rupiah lebih atau 71,92 persen. Dari total belanja yang dianggarkan yaitu sebesar 3 triliun 736 milyar 441 juta rupiah lebih.

Dihadapan Paripurna DPRD Mimika, Bupati mengakui realisasi belanja pemerintah itu tidak bisa maksimal karena kendala teknis dan non teknis. Terutama waktu yang kurang memadai bagi pelaksanaan lelang proyek serta kendala administrasi. Perihal semua itu akan menjadi bahan koreksi untuk realisasi tahun berikutnya.

Bupati meminta DPRD Kabupaten Mimika untuk memberikan koreksi demi penyempurnaannya sehingga dapat memenuhi prinsip dan subtansi penyelenggaraan pemerintah daerah yang berazas tertib, tranparansi dan akuntabilitas. Diharapkan dalam pelaksanaan penggunaan APBD pemerintah dapat memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat Kabupaten Mimika

Bupati Mimika Eltinus Omaleng menambahkan, pihaknya juga sedang bersiap untuk masuk dalam agenda penting lainnya yaitu APBD Perubahan 2021 dan penyusunan APBD tahun 2022 yang sedang disiapkan pemerintah eksekutif sehingga dapat dibahas dalam waktu dekat ini bersama DPRD Mimika. Terutama dalam keperluannya untuk mendukung penyelenggaraan PON 20 Papua yang akan digelar pada bulan Oktober depan, di mana Kabupaten Mimika turut menjadi tuan rumah pertandingan 9 Cabor PON.

Selanjutnya Bupati meminta DPRD Mimika untuk mengevaluasi penyelenggaraan pemerintah lewat dokumen laporan yang diserahkan pada Rapat Paripurna pembukaan itu.

Selain itu sebagai kepala pemerintah eksekutif, Bupati Omaleng mengakui masih banyak harapan masyarakat yang belum bisa dipenuhi. Oleh karenanya ia mengajak DPRD Mimika untuk membenahi kondisi internal dan eksternal pemerintahan sehingga semakin memperkuat komitmen bersama untuk membangun daerah Mimika tercinta.

Paripurna dilanjutkan pada BESOK HARI Kamis 8 Juli dengan agenda Rapat Paripurna 2 Masa Sidang 2 DPRD Kabupaten Mimika Dalam  Rangka Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Mimika terhadap RANPERDA PP APBD Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2020. (Manu)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata