Main Area

Main

7 Warga Binaan Lapas Kelas II B Timika Hingga Kini Masih Masih Berkeliaran

TIMIKA, TABUKANews.com - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIB Timika, M Doloksaribu, SH mengatakan saat ini, masih terdapat sekitar tujuh warga binaan Lapas Klas IIB Timika. Yang masih berkeliaran di luar lantaran belum berhasil tertangkap, pasca berhasil melarikan diri dari Lapas Klas IIB Timika. 

“Sudah ada tiga orang yang kita tangkap, jadi di luar sekitar tujuh orang,”ujarnya ketika ditemui wartawan, Senin (29/1)  kemarin di kantor Imigrasi Klas II Tembagapura. 

Ia menambahkan, saat ini peluang untuk penghuni Lapas Klas IIB Timika melarikan diri sudah sangat kecil kemungkinan. Pasalnya pagar tembok Lapas Klas IIB Timika, yang selama ini sering dijadikan tempat untuk melarikan diri dari para penghuni Lapas Klas IIB Timika, telah di naikan. 

“Kalau sebelum saya menjabat, memang banyak yang pelarian. Tapi itu karena kondisi pagar lapas yang tingginya cuma empat meter, tapi sekarang ini sudah kita naikan yang tingginya lima meter enam puluh,”ujarnya.

Disampaikan Kalapas Kelas II B Timika, Doloksaribu saat ini jumlah penghuni Lapas Klas IIB Timika, baik yang sudah berstatus warga binaan maupun yang masih berstatus tahanan totalnya berjumlah 200 orang. Dengan jumlah petugas Lapas Klas IIB Timika, yang sangat sedikit. Sehingga dianggap tidak sebanding antara jumlah penghuni Lapas Klas IIB Timika, dengan jumlah petugas Lapas Klas IIB Timika.

Ia menambahkan di Tahun 2018 ini direncanakan Lapas Klas IIB Timika, akan mendapat jatah penambahan pegawai dari Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 25 orang. 

“Sebenarnya jatah kita dari pusat itu cuma sepuluh orang, tapi janjinya pak Kakanwil ke kita untuk akan di kasih dua puluh lima orang petugas pada awal Bulan Maret ini,” kata Kalapas.

Selain itu menurutnya untuk mengantisipasi tindakan-tindakan dari oknum-oknum petugas Lapas Klas IIB Timika, yang dianggap bermain terkait keluar masuk penghuni lapas. 

Dirinya menegaskan akan menindak tegas setiap oknum petugas, yang kedapatan melakukan praktek-praktek yang bisa mengeluarkan penghuni  dari dalam Lapas Klas IIB Timika.

“Saya sangat geram makanya ada dua orang oknum petugas saya, yang sudah saya pindahkan ke bagian staf dan tidak bersentuhan langsung dengan penghuni lapas. Dan saya jamin tidak ada lagi permainan kotor, kalau ada dan sampai ketahuan maka saya tidak segan-segan untuk sapu bersih,”tegas Doloksaribu. (dzy/tim)

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika