Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

66 Polda Papua Backup Pengamanan Pemilu di Mimika


Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, sebanyak 66 personel Polda Papua yang akan di berangkatkan ke Kabupaten Mimika untuk membantu pengamanan Pemilu 2019.

Ia menjelaskan, persetujuan bantuan 66 personel tersebut dari pengajuan pertama Polres Mimika sebanyak 100 personel, karena pertimbangan daerah lain yang melaksanakan pemilu.

"Kemarin sudah disetujui penambahan pasukan. Kita ajukan 100," kata Kapolres ketika ditemui di Sentra Pelayanan Polres Mimika, Kamis (11/4).

Nantinya personel tersebut akan ditempatkan di sejumlah TPS di wilayah kota sebagai Pam TPS, karena berbagai pertimbangan yang mana personel tersebut baru dikirim ke Timika dan belum mengetahui kondisi Mimika, sedangkan personel dari Polres Mimika akan ditempatkan di wilayah pinggiran, pesisir maupun pedalaman, karena telah mengetahui kondisi wilayah di Mimika.

"Ke 66 Anggota ini akan kita tempatkan sebagai pengaman TPS, jadi bukan pasukan, tapi kalau yang dikirim pasukan Brimob sekalipun akan ditempatkan sebagai PAM TPS," terangnya.

Secara keseluruhan jumlah personel yang disiapkan Polres Mimika sebanyak 846 personel ditambah dengan penambahan 66 personel Polda Papua, akan kepolisian yang telah disiapkan untuk pengamanan pemilu untuk kategori zona aman.

"Total pasukan 846 ditambah 66 jadi semua 912 personel yang akan disesuaikan dengan kondisi," ungkapnya.

Namun apabila disaat pelaksanaan pemilu terjadi gangguan maka, jumlah personel akan dipertebal baik dari Brimob Yon B Pelopor Polda Papua, Brimob Maluku Utara dan diperkuat dari personel TNI dari 3 Matra.

"912 itu untuk zona hijau, kalau ada gangguan berarti kita akan turunkan pasukan agak banyak dari satuan samping dan satuan Brimob," katanya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika