Main Area

Main

6 Anggota Polres Mimika Diproses Kode Etik Polri

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto SIK.MH, Kapolres Mimika/Foto : dok

TIMIKA, TABUKANews.com - Melalui Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian (Propam) Polres Mimika memproses enam oknum anggota Polres Mimika .

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto SIK.MH, Kapolres Mimika, mengatakan bahwa ada enam anggota Polres Mimika saat sedang menjalani proses sesuai dengan aturan kode etik Polri.

"Ada enam anggota yang saat ini sedang menjalani proses kode etik atas pelanggaran yang dilakukan. Kalau dia melakukan pelanggaran disiplin kita lakukan sidang disiplin, dan kalau dia melakukan pelanggaran kode etik kita lakukan sidang kode etik," kata Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, SIK.MH saat ditemui di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Senin (21/1).

Walaupun tidak disebutkan identitas ke enam anggota Polres Mimika tersebut, disampaikan Kapolres bahwa sangat berat hati dimana ke enam anggota Polres Mimika harus menjalankan proses sesuai dengan kapasitas.

Kapolres mengatakan bahwa perbuatan mereka ini bervariasi seperti ada yang KDRT, perselingkuhan, ada juga penyalagunaan kewenangan dan ada juga penganiayaan. Semuanya kita proses dan sekarang ini sedang diamankan di Polsek Mimika Baru.

Untuk sanksi dilihat dari perbuatannya, salah satu sanksinya adalah penempatan 21 hari tahanan diruang tempat khusus.

"Karena kita tidak punya tempat khusus,  maka kita tempatkan di bekas ruangan tahanan di Polsek Mimika Baru dalam pengawasan Kasi Propam,"kata Kapolres.
 
Pertanyaan lain juga ditanggapi oleh Kapolres terkait salah satu anggota Polres yang lalai dalam tugas sehingga menyebabkan senpi hilang.

"Kejadian ini sebenarnya cukup lama yaitu  ditahun 2017 dan prosesnya ditahun 2018 karena baru diungkap. Dan disidang di Bulan Desember 2018 dengan putusan sidangnya adalah salah satunya penempatan 21 hari,  demosi dan tunda pangkat satu periode.  Yang bersangkutan juga dikenakan tuntutan ganti rugi yaitu membayar sejumlah uang untuk mengganti kerugian Negara,"ungkap Kapolres. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika