Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

35 Anggota Paskibra Siap Laksanakan Tugas

Timika,TabukaNews.com - Meski menerapkan PPKM level 4, tidak membuat Pemda Mimika melupakan prosesi upacara kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 pada 17 Agustus mendatang. 

Ya, kini 35 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) sudah dinyatakan siap menjalankan tugas mulia pada upacara penaikan dan penurunan bendera 17 Agustus.

Penanggung jawab Paskibra Kabupaten Mimika Tahun 2021 ini diberikan kepada Polres Mimika. 

Ketua pelatih, AKP Matheus T. Ate saat ditemui wartawan disela-sela latihan anggota Paskibra dilapangan Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Senin (9/8) mengatakan,  bahwa ksiapan para anggota Paskibraka dalam menjelang upacara HUT RI yang ke 76 sudah siap 60 persen. 

Menurutnya, meski berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana dalam pelaksanaan upacara secara normal, para anggota Paskibraka menjalani pelatihan selama satu bulan penuh, beda dengan tahun ini yang hanya berlatih dua pekan saja.

"Karena kita sedang dalam masa pandemi, kita berlatih secara singkat, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," tuturnya. 

Juga dikatakan,  bahwa selama proses pelatiha, pihaknya telah menentukan 15 pelatih yang berasal dari beberala satuan yang mempunyai bakat di bidangnya masing-masing.

"Lima belas pelatih yang terlibat ini memiliki bakat masing-masing, ada yang memiliki teknik menjaga kebugaran dan juga melatih," ujarnya. 

Dalam proses seleksi dirinya sudah melakukan koordinasi bersama Asisten I Setda Mimika yang juga sebagai Ketua Panitia HUT RI sebagaimana dalam proses perekrutan dan pelatihan sudah di bahas sejak tanggal 29 Juli .

"Dari rapat itu dengan dasar adanya pelaksanaan petunjuk dari Pusat (kemenpora)," ucapnya.

Dari semua itu dirinya melakukan seleksi ke empat sekolah untuk dapat mengirimkan anak-anaknya ke Kabupaten dalam tugas pelaksanaan upacara.

"Tanggal 2 kemarin kita laksanakan perekrutan di SMAN 1, sebelumnya saya sudah hubungi Kepala sekolah masing-masing di empat sekolah tersebut yang sudah ditentukan," terangnya.

Dikatakan bahwa dari hasil seleksi dari ratusan peserta yang ikut namun hanya 35 yang lolos seleksi.

"Dari hasil seleksi kami mengambil dari SMAN 1 sebanyak 25 orang, SMA Taruna 7 orang, SMA Katolik 1 orang dan SMAN 6 sebanyak 2 orang," katanya.

Setelah dengan adanya seleksi tersebut pihaknya langsung melakukan pelatihan dengan melibatkan pelatih dari Kodim, Polres dan Brimob sedangkan untuk jumlah keseluruhannya pelatih berjumlah 15 orang dengan kesiapan 60 persen sudah siap dari segi pengibaran bendera dan lainnya.

"Namun ada beberapa yang berubah, kalau tahun-tahun lalu formasi normal tetapi untuk tahun ini kami coba berinovasi dengan membuat formasi 76, jadi formasi 76 inilah bentuk dari umurnya negara kita," jelasnya.

Adapun untuk pengibar bendera pihaknya mengambil dari putra daerah atau Orang Asli Papua (OAP).

"Kalau penurunan kita ambil dari pendatang tapi dia lahir besar Timika, jadi itulah dengan kebhinekaan ini yang menjadi kan kita bersatu padu," ungkapnya.

Dengan begitu dalam selam proses pelatihan dirinya tetap melakukan prokes secara ketat dengan diimbangi ramuan herbal dari alam untuk menambah kekuatan imun.

"Jadi selama ini tidak ada yang sakit, karena kita suport dengan ramuan-ramuan tradisional ini," tutupnya. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika