Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

35 Anggota DPRD Kabupaten Mimika Resmi Kembali Berkantor. APBD-P Pakai Perbub

Timika, TabukaNews.com - Polemik mengenai status anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika periode 2019-2024 yang "tidak jelas" akhirnya terpecahkan. Dalam waktu dekat ini 35 anggota DPRD Mimika periode 2019-2024 kembali bekerja. Itu menandakan pembahasan APBD-P menggunakan Perbub. 

Bupati Mimika Eltinus Omaleng kepada wartawan, Senin (6/9) mengatakan telah melakukan koordinasi terkait persoalan ini dengan Biro Hukum Provinsi Papua dan penjelasan mereka menyebutkan bahwa SK 155/266/Tahun 2019 tentang Peresmian DPRD 2019-2024 telah dinyatakan gugur.

"Jadi sekarang anggota DPRD Kabupaten Mimika periode 2019-2024 sudah bisa berkantor karena masalahnya sudah diselesaikan," tuturnya. 

Dijelaskan, bahwa pihaknya tetap akan melakukan pembayaran gaji kepada anggota DPRD Mimika periode sebelumnya yang telah berhasil memenangkan gugatan di MK. 

"Tetap kita akan bayar, tapi hanya gaji saja. Tunjangan kita tidak bayarkan karena mereka tidak lagi bekerja," jelasnya. 

Kendati demikian, pembayaran gaji hanya akan diberikan kepada 26 anggota dewan yang melakukan tuntutan saja, sementara kepada 9 anggota dewan yang kembali terpilih tidak mendapatkan upah. 

"Yang 9 anggota dewan yang kembali terpilih kita tidak bayarkan karena nanti akan jadi temuan. Itu penyampaian dari BPK," katanya. 

Bupati Omaleng menjelaskan, awalnya Pemda Mimika telah mengalokasikan Rp23 miliar di APBD-P untuk membayar hak dewan. Namun setelah berkordinasi dengan Biro Hukum Provinsi Papua dan BPK maka nominalnya dipastikan berkurang.

"Yang kemarin kita hitung itu kesatuan SK pengangkatan DPRD 2014-2019 sehingga kita anggarkan Rp23 miliar termasuk pembayaran tunjangan lain-lain. Namun setelah koordinasi, maka nilainya sudah pasti akan kurang dibawah Rp20 miliar dan kami akan menghitung ulang lagi," ungkapnya.

Bupati juga menjelaskan provinsi kini sedang mempersiapkan SK anggota DPRD Mimika 2019-2024. Dalam waktu dekat akan dikirimkan ke Mimika untuk diproses.

"Jadi karena kekosongan DPRD Mimika maka untuk anggaran perubahan tahun ini kita akan pakai perbub untuk percepatan proses anggaran, terkait ini kami juga sudah koordinasi dengan provinsi. Setelah SK dari provinsi turun, DPRD Periode 2019-2024 akan kita lantik kembali," imbuhnya. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika