Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

3 Kelompok Terima Bantuan Pemerintah Akomodir Pokir dewan

 

Timika, TabukaNews.com - Sebanyak 3 kelompok usaha ternak yang dijalankan ibu-ibu mendapat bantuan berupa bibit ternak ayam pedaging dan pakan ternak sekaligus dengan pendampingan, yang merupakan program Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, menjawab Pokok Pikiran (Pokir) Dewan  dari DPRD Mimika Leonardus Kocu asal Dapil Distrik Wania.

Kepada awak media Sabtu (24/07/2021), Leo mengatakan, kelompok usaha yang dijalankan kaum hawa itu perlu mendapat perhatian pemerintah sehingga bisa berkembang demi menghasilkan perekonomian yang baik guna menopang nafkah keluarga.

“Tujuan bantuan bibit ayam potong ini merupakan kepedulian Anggota Dewan terhadap kesejahteraan hidup ekonomi masyarakat, lebih khusus yang ada di wilayah pemilihannya. Masyarakat butuh makan dan minum supaya sehat dan hidup apa lagi dalam kondisi yang serba susah sekarang,” ujarnya.

Leo merinci, bantuan yang telah diserahkan pada 23 Juli itu berupa 2.900 ekor DOC anakan ayam potong terdiri dari 29 box, yang setiap boxnya berisikan  100 ekor DOC. Sementara bantuan pakan ternak sebanyak 117 karung dibagikan kepada 3 kelompok ibu-ibu yang dibentuk di wilayah basis pemilihan yakni Dapil 3  Distrik Wania.

Adapun nama-nama kelompok ternak yang dibentuk adalah : Satu kelompok ternak “ Suka Maju'  yang beralamat di Jalan Hasanuddin Kelurahan Inauga, terdiri dari 17 orang ibu-ibu dengan ketua kelompok ibu Diana Monim.  Menerima 1.000 DOC atau 10 box.  Kedua, kelompok Ternak MandiriI terdiri dari 15 orang ibu-ibu yang beralamat di Kompleks SMP 7 Kelurahan Kamoro Jaya dengan ketua kelompok ibu Anace Asmuruf  menerima 1.000 DOC atau 10 box. Ketiga, kelompok ternak  Anamo yang beralamat di SP4 - SP 1 Kelurahan Wonosari Jaya terdiri dari 15 orang ibu-ibu dengan ketua kelompok ibu Aleda Yumame menerima 900 DOC atau 9 box.

Leo Kocu berterima kasih kepada pemerintah melalui OPD terkait yang telah mengakomodir Pokir Dewan, memperhatikan kebutuhan rakyat sesuai aspirasi yang diperjuangannya lewat jalur Legislative. 

“ Terima kasih buat pemerintah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mimika, yang menjawab Pokir saya sesuai kebutuhan aspirasi masyarakat Mimika. Bantuan ini berguna bagi ibu-ibu rumah tangga ini untuk menghidupi keluarga,” ungkapnya.

Leonardus Kocu Ketua Fraksi Mimika Bangkit DPRD Mimika asal Partai Perindo itu menambahkan, proses pembesaran dan pemeliharaan serta perawatan ribuan anakan ayam itu dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana, selama 4 minggu atau 1 bulan terhitung dari tanggal 23 Juli 2021. Direncanakan kawanan ternak itu akan dipanen pada minggu ke-4 di bulan Agustus 2021. 

“ Ke depan durasi waktu satu bulan, sudah bisa dipanen ayam-ayam ini, bisa menambah penghasilan bagi warga di tengah PPKM di Mimika” sebutnya.

Selama masa pembesaran, kata Leo, diharapkan setiap kelompok ternak dapat mencari pembeli atau pasar penjualan ayam pedaging itu. Ini merupakan bagian dari proses pembinaan sehingga setiap kelompok peternak berusaha secara mandiri mencari pasar penjualan ayam potong. 

“Harga ayam potong di pasar Timika berkisar Rp 40.000 – Rp 55.000 per ekor. Hasil penjualan ayam potong itu nantinya akan dibagikan langsung kepada setiap anggota kelompok,” bebernya.

“Apresiasi kami kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Peternakan Mimika yang telah merealisasikan Pokir Dewan. Diharapkan kegiatan ekonomi seperti ini dapat membantu meningkatkan pendapatan ibu-ibu rumah tangga, membantu meringankan beban dalam kondisi yang susah sulit akibat wabah Covid-19,” tandasnya.

Serah terima bantuan bibit ternak ayam beserta pakan ternak itu  dilakukan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mimika diwakili oleh Kabid Bina Usaha Peternakan Agustinus Mandang pada 23 Juli di lokasi kandang ternak kontraktor pelaksana di SP 3. Legislator DPRD Mimika Leonardus Kocu turut didampingi istri tercinta Mina Jitmau dan juga disaksikan pengusaha ternak Oky Permana sebagai kontraktor pelaksana, staf ahli Fraksi Mimika Bangkit Irianti U dan Ketua Pemenangan Legislatif Sepi Kareth serta ibu-ibu personil kelompok ternak. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika