Main Area

Main

24 Kendaraan Terjaring, Hari pertama Operasi Zebra Matoa 2019

 Kasat Lantas ketika menghentikan pengendara roda dua pada saat kegiatan Operasi Zebra./Foto:Tim

Timika,TabukaNews.com – Hari pertama digelarnya Operasi Zebra Matoa 2019, Rabu (23/10). Satuan lalulintas Polres Mimika,Papua. menilang 24 unit kendaraan baik roda dua dan empat serta senjata tajam berupa parang dari tangan penumpang mobil. Yang dilaksanakan di Jalan Budi Utomo.

Kasat Lantas Polres Mimika AKP Viky Pandu Widhapermana, SH, S. IK. MH, mengatakan mengatakan dari 24 kendaraan yang ditilang itu sebanyak 13 kendaraan langsung bayar ditempat lewat Bank yang dipercayakan.

"Pelanggaran rata-rata pengendara roda dua itu tidak pakai helm,dan tidak membawa kelengkapan surat. Sedangkan roda empat itu pelanggarannya itu plat yang tidak sesuai dan tidak mengenakan sabuk pengaman," katanya.

Menurutnya, bahwa kegiatan yang dilaksanakan itu sudah sesuai dengan tujuh sasaran prioritas operasi zebra matoa 2019. Namun masih banyak kendaraan roda empat yang kode kendaraan dari luar papua sehingga kedepanya akan ditindak. 

"Jadi untuk dalam kegiatan tadi kita belum temui kendaraan bodong, dan untuk kendaraan bodong ini memang sudah menjadi antisipasi kita," ungkap Kasat Lantas. 

Menurutnya, selain 24 kendaraan yang ditilang, petugas juga menyita satu bilah senjata tajam jenis parang dari tangan penumpang mobil yang mana saat dilakukan pemeriksaan.

"Saat ini kita amankan sajam tersebut,"katanya.

Pantauan di lapangan, sebangian pengendara belum punya kesadaran dalam berlalu lintas baik kelepngkapan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, seperti tidak mengunakan helm, plat nomor kendaraan bukan yang dikeluarkan oleh samsat, juga masih ada yang menelpon sambil berkendara bahkan masih ada yang berkoncengan lebih dari dua melintas di depan aparat lalu lintas yang sedang bertugas.

Eman salah satu warga member apresiasi kepada petugas satlantas polres mimiak dalam melakukan tindakan tersebut karena dirinya menilai masih banyak pengendara yang lalau tidak mengunakan kelengkapan kendaraan dan patuh aturan. 

“saya senang ada opersi begini karena sudah banyak kendaraan di kota ini terus banyak sekali kita lihat yang bawa motor itu asal jalan saja tidak pakai helem mereka tidak peduli,” ungkap pria paru bayah itu. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika