Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

223 Ekor Babi Untuk Acara Berapen Pesta Rakyat Dalam Pelantikan Bupati-Wabup Mimika

Terlihat masyarakat sangat antusias untuk mempersiapkan proses bakar batu/ Foto : Tim

Timika,TabukaNews.Com- Dalam proses pelantikan Bupati Mimika,Eltinus Omaleng,SE,MH dan Wakil Bupati,Johanes Rettob,Ssos,MM periode 2019-2024, salah satu kegiatan yang turut memeriahkan adalah pesta rakyat berupa bakar batu dengan mengorbankan 223 ekor babi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Mimika, Michael R.Gomar, selaku koordinator atau panitia pengadaan babi menyampaikan bahwa jumlah babi keseluruhan itu berasal dari pengadaan panitia dan sumbangan dari masyarakat.

"Dari pengadaan panitia sendiri itu 208 ekor dan sumbangan dari masyarakat itu 15 ekor,"ungkapnya dengan singkat saat ditemui di lapangan mile 32,Jalan Agimuga pada Jumat (6/9) kemarin.

Sementara ditengah kesibukan,Yopianus salah satu masyarakat yang turut ambil bagian dalam mempersiapkan proses bakar batu merasa sangat bahagia dengan pemberian ratusan ekor babi dari Pemerintah Daerah bagi masyarakat yang hadir dalam proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati periode 2019-2024.

"Terimakasih banyak kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik sudah sangat memperhatikan masyarakatnya di acara ini,"ucapnya.

Berdasarkan pantauan wartawan dilapangan,dalam proses bakar batu itu bukan hanya kaum pria dan wanita dewasa, namun terlihat juga anak-anak turut serta membantu hingga selesai.

Upacara bakar batu ini merupakan upacara tradisional yang penting dilakukan oleh masyarakat Papua dan merupakan tradisi yang mana bertujuan untuk menciptakan kebersamaan,menunjukkan rasa syukur serta menyambut kebahagiaan.(tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika