Main Area

pesparawi xiii

Main

200 Rapid Test Virus Corona Akan Tiba di Timika

 

Timika, TabukaNews.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Virus Corona atau Covid -19, Kabupaten Mimika, melakukan upaya cepat penaganan dengan mendatangkan 200 paket Rapid test Corona yang yang sudah di pesan dari pusat, sebagai bagian dari upaya pendeteksian virus corona atau Covid-19 bagi warga di Kabupaten Mimika dan langsung mengetahui hasilnya. 

Rapid test merupakan salah satu alat tes untuk mendeteksi virus corona atau Covid-19. Alat tes cepat ini bekerja dengan mengambil sampel darah pasien. nantinya alat tes ini akan didistribusikan ke fasilitas kesehatan dan rumah sakit yang ada di kota timika dengan kategori tertentu.

 “Ini kabar gembira bagi seluruh masyarakat Mimika. Besok (Selasa red) kami punya alat untuk tes mandiri covid-19 sudah ada. Kita pesan 500 dari Jakarta tapi, 200 yang didatangkan duluan. Sisahnya akan menyusul,” ungkap Juru Bicara Penanganan Virus Corona di Mimika, Reynold Ubra. Senin (23/3/20) dalam jumpa pers di Posko Pusat pengendalian Covid-18 Kabupaten Mimika.

Reynold menjelaskan dengan menggunakan Rapid Test Anti Gen ini maka keberadaan Virus Corona pada pasien langsung terdeteksi.

“Alat ini langsung mendeteksi virus. Jadi dalam beberapa jam kita langsung tahu hasilnya, penggunaanya juga akan langsung didampingi dokter spesialis patalogi klinik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pemesanan alat ini merupakan upaya tanggap pemerintah dalam menangkal keberadaan Covid-19 di Mimika. Rapid test Corona berbasis anti gen ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Alat ini selain berfungsi untuk mendeteksi apakah pasien benar-benar terinfeksi Virus Corona, juga untuk mempercepat tindakan pengobatan dan pencegahan terutama kepada mereka yang selama ini melakukan kontak langsung dengan pasien.

“200 alat tes ini untuk sementara kita gunakan untuk menjawab kebutuhan saat ini. Tim nanti akan duduk bersama untuk menentukan akan ditempatkan di rumah sakit, puskesmas atau klinik mana. Kita akan tentukan kriterianya karena bisa saja disentralkan di RSUD,” ungkapnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika