Main Area

pesparawi xiii

Main

190 Pengurus KNPI mimika Resmi di Lantik

Timika,TabukaNews.com - Sebanyak 190 Pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Daerah Indonesia (KNPI) Kabupaten Mimika Periode 2019-2022, Jumat (27/12). Secara resmi dilantik oleh Ketua DPD KNPI Papua, Albertho G Wanimbo di Gedung Tongkonan jalan Samratulangi.

Berdasarkan Surat Keputusan DPD Papua Nomor 15/Kps/DPD KNPI/Papua/12/2019. Menyatakan bahwa Michael Gomar sebagai Ketua DPD KNPI Mimika, bersama Soraya Madubun sebagai sekretaris dan Willi Toro sebagai bendahara KNPI. 

Ketua DPD KNPI Papua, Albertho G Wanimbo dalam sambutanya mengatakan hampir empat kali DPD KNPI Mimika melakukan proses musda namun SK tidak pernah diberikan, karena proses badan pengurus di Mimika termasuk sulit dan banyak persoalan. Ini menunjukan bahwa pemuda di Mimika sangat mengharapkan kehadiran KNPI. 

“Semua merindukan keputusan definitive. Ini sudah berlangsung selama 2-3 tahun, dan dalam pengurusan saya, hal-hal yang sifatnya untuk kepentingan pemuda tidak boleh berbelit dan panjang birokrasinya. Setelah pemilihan kita langsung lantik ini harus terjadi diseluruh Papua," Ungkapnya.

Secara khusus, Alberto berpesan kepada badan pengurus DPD KNPI Mimika yang baru dilantik, agar selalu melakukan koordinasi dan sinergitas dengan semua stakeholder di daerah, satukan pemuda agar jangan ada perbedaan di antara kita. 

“Kepengurusan baru harus tetap merangkul semua kepentingan pemuda di tanah Amungsa Bumi Kamoro. Dukung program pemerintah dan bangun sinergitas dengan TNI-Polri. Semua ini penting karena dengan kebersamaan, kita mampu membangun Mimika dan Papua," pesan Alberto.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Mimika, Michael R Gomar memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung keberadaan KNPI. Baik kepada DPD Provinsi Papua, pemerintah daerah, stakeholder serta seluruh OKP dan OP di Mimika.

"Apa yang dilakukan para senior akan kami lanjutkan untuk membangun pemuda di Mimika. Terimakasih kepada OKP Cipayung , parpol, NU, Muhamadiyah dan OK yang telah memberikan tanggungjawbab ini kepada kami," ungkapnya.

Gomar mengatakan bahwa menjadi seorang ketua dan anggota DPD KNPI merupakan sebuah tanggungjawab berat namun semua ini bisa berjalan baik jika adanya dukungan dan kebersamaan. Baik internal badan pengurus, pemerintah maupun stakholder lainnya.

"Ini tanggungjawab berat yang tidak mungkin bisa kami laksanakan sendiri, butuh dukungan dari semua pihak. KNPI berkomitmen mendukung pemerintah namun kami juga akan memberikan kritikan, saran dan masukan yang konstruktif untuk Mimika.  juga akan melakukan kolaborasi program kerja dengan TNI-Polri dan stakeholder lainnya di Mimika. Kami akan menunjukan dan menjadi contoh bagi Papua bahwa KNPI Mimika adalah yang terbaik," Jelas  Gomar.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob pada kesempatan itu mengingatkan kepada pengurus yang baru dilantik agar benar-benar bekerja dalam menjalankan tugas masing-masing, jangan yang dilantik 190 pemuda namun yang bekerja hanya 10 pemuda.

"Kalian sudah berjanji dan mengambil sumpah kepada Tuhan. Kalian harus benar-benar bekerja sesuai tugas pokok. Masa depan pemuda dan negeri ini dimulai dari kalian. Kalian harus semangat, penuh tanggungjawab, beriringan dan bekerja bersama-sama," ujarnya.

Wabup, mengatakan bahwa KNPI adalah mitra Pemerintah Daerah maka sebagai mitra, KNPI boleh memberikan saran dan pendapat serta kritikan. Namun harus konstruktif dan membangun. Sehingga dituntut pemuda mimika harus bekerja dengan serius dan berkomitmen dalam mempertahankan, melaksanakan dan meningkatkan segala visi dan misi sesuai dengan harapan dan tujuan guna menjadikan organisasi ini semakin maju.

"Kami siap mendengarkan, duduk bersama, berdiskusi bagaimana arah pengembangan Mimika sesuai dengan visi misi bupati dan saya (Wabup-red). Kalian adalah harapan kami dan kabupaten Mimika. di pengurusan baru ini kalian harus bisa menjadikan pemuda Mimika sebagai satu bagian yang tidak terpisahkan," jelasnya.

Bertepatan dengan momen dan tema Natal 2019, Wakil Bupati Johannes Rettob meminta agar seluruh pemuda harus menjadi sahabat dan saudara bagi orang lain untuk membangun Mimika, Papua dan Indonesia.

"Kalian berasal dari OKP, kesukuan, agama dan latar belakang yang berbeda-beda. Tugas KNPI adalah bagaimana menyatukan semua ini. Harapan kami Mimika tetap damai dan aman serta tidak ada sekat-sekat. Kita harus hidup sebagai sahabat bagi semua orang," ungkapnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Perwakilan Pemda Mimika, pimpinan TNI-Polri, KPU, Ormas dan berbagai instansi dan organisasi kategorial lainnya. Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan materi Orientasi Pengurus DPD KNPI Mimika Periode 2019-2022 di Horison. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika