Main Area

Main

15 Orang Diperiksa Terkait Pembubaran Acara Bakar Batu di Kantor Lemasa

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S. IK. MH/ Foto: Tim/Tabukanews.com

 

Timika, Tabukanews.com – Sebanyak 15 orang diperiksa secara intensif oleh jajaran Kepolisian Resor Mimika terkait aksi pembubaran paksa aparat dalam acara pesta Bakar Batu dan Ibadah Syukur yang dilaksanakan di Halaman Kantor Lemasa di Jalan Timika Indah pada Kamis (19/9) lalu.

Hal tersebut ditegaskan Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S. IK. MH Jumat (20/9).

"Untuk 15 orang yang diamankan itu sedang dalam proses pemeriksaan," kata Kapolres usai memimpin upacara sertijab di halaman Mapolres Mimika, Jumat (20/9).

Ia menjelaskan, siang ini akan dilakukan gelar perkara untuk menentukan siapa-siapa aktor dibalik kegiatan bakar batu tersebut.

"Tadi siang akan kita gelar untuk menentukan apakah yang bersangkutan tidak terpenuhi unsur atau terpenuhi unsur," jelasnya.

Ia menegaskan apabila gelar perkara tidak memenuhi unsur pidana maka akan dipulang, begitu juga dengan yang memenuhi unsur nantinya akan diproses hukum.

"Kalau tidak terpenuhi unsur tentunya akan kita pulangkan, kalau terpenuhi unsur yang disangka berarti kita akan proses hukum," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pembubaran yang dilakukan bukan membatasi hak demokrasi setiap warga negara, namun karena kondisi keamanan, yang mana massa yang berkumpul bisa saja menimbulkan aksi massa karena telah ditungganggi oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika