Main Area

pesparawi xiii

Main

13 Orang Diamankan Saat Pemilu Berlangsung

Kapolres Mimika didampingi Dandim dan Danlanal Timika/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, sebanyak 13 orang diamanatkan karena mengganggu proses pemilu di Kabupaten Mimika.

13 orang tersebut terdiri dari 4 anggota KPPS yang diamankan oleh pihak Kepolisian lantaran kedapatan dalam kondisi dipengaruhi miras, sehingga proses pemilihan tidak berjalan dengan baik, 3 oknum caleg yang diamankan karena mengerahkan massa sehingga membuat situasi tidak kondusif, dan juga 6 warga sipil karena menghalang-halangi proses pencoblosan.

"Total yang diamankan, 4 orang penyelenggara pemilu di tingkat KPPS, 3 oknum caleg, dan masyarakat sipil ada 6 orang, jadi total ada 13 orang," kata Agung ketika ditemui di gedung Eme Neme Yaware, Kamis (18/4).

Namun untuk situasi di Mimika pada saat pemilu hingga penghitungan suara tetap aman dan kondusif. Hal tersebut merupakan komitmen bersama pihak penyelenggara, pihak keamanan dan juga masyarakat, sehingga pelaksanaan pemilu di Kabupaten Mimika berjalan dengan baik.

Terbukti ada warga yang menghalang-halangi  baik warga maupun oknum caleg langsung diamankan guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yang hendak memberikan hak suaranya.

"Jadi ini merupakan wujud komitmen kita untuk melaksanakan kegiatan pemilu ini secara baik dan mengawalnya, namun harus sesuai jalurnya," ungkapnya.

Saat ini warga dan oknum caleg yang melakukan pelanggaran akan diserahkan kepada Sentra Gakumdu untuk di lakukan penyelidikan.

"Saat ini dalam proses penyelidikan di Sentra Gakumdu, kemudian dari penyelenggara itu ada yang diamankan karena tidak melaksanakan kegiatan yang menjadi tugasnya selaku KPPS, karena dipengaruhi alkohol," jelasnya.

Apa yang dilakukan merupakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan negara kepada TNI Polri agar pesta Lima tahunan dapat berjalan dengan baik.

"Prinsipnya dari TNI Polri selalu mengawal pesta demokrasi ini supaya berjalan dengan lancar dan baik," tegasnya. (Jrl).

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika