Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

12 Distrik Didaerah Pegunungan dan Pesisir Terima BST Tahap I, II, III

Timika,TabukaNews.com - 12 Distrik didaerah pegunungan dan pesisir terima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap I, II dan III dari Dinas Sosial (Dinsos) dan PT Pos Timika.

Ke 12 Distrik tersebut diantaranya, Distrik Mimika Barat, Mimika Barat Tengah, Mimika Barat Jauh, Mimika Tengah, Mimika Timur Jauh, Agimuga, Jita, Tembagapura, Amar, Jila, Hoeya dan Distrik Alama.

Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap I, II dan III ini secara simbolis diserahkan oleh Asisten 3 Setda Mimika, Julianus Sasarari dengan disaksikan Kepala Dinas Sosial, Petrus Yumte, Kepala Kantor Pos Timika Ronald Luarmase serta pimpinan OPD di Kantor Pusat Pemerintahan, Selasa (4/8).

Untuk diketahui ke 12 Distrik diberikan kelonggaran langsung disalurkan BST sekaligus tiga tahap ini berdasarkan usulan ke pusat, sebab dilihat dari beberapa faktor yang menjadi pertimbangan diantaranya faktor keamanan, cuaca dan biaya. Sedangkan untuk 6 Distrik dalam kota penyaluran tetap dilakukan secara bertahap.

Dalam sambutan Asisten 3 Setda Mimika, Julianus Sasarari menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan kebijakan pemerintah pusat dalam bentuk melakukan penyelematan atas kondisi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, apalagi akibat dampak covid 19 ini telah secara nyata mengganggu aktifitas ekonomi dan aktifitas usaha bagi perekonomian di seluruh dunia termasuk Indonesia.

"BST yang diberikan ini untuk membantu meringankan beban masyarakat dan menjaga daya hidup masyarakat,"katanya.

Disampaikan Julianus BST yang diberikan itu kepada keluarga yang selama ini tidak menerima bantuan sosial yang lain seperti PKH, BLT, BNPT.

"Saya harap kepada kepala distrik ketika nanti menerima bantuan ini harus melibatkan para Danramil dan Kapolsek setempat. Karena penyaluran ini harus sampai di kampung bagi penerima bantuan ini," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan Kepala Dinas Sosial, Petrus Yumte bahwa BST ini bantuan dari Kementerian Sosial berdasarkan keputusan Presiden nomor 12 tahun 2020 tentang penetapan bencana non alam.

Sehingga dalam rangka menjaga kestabilan ekonomi masyarakat dan juga keguncangan masyarakat dalam mempertahankan hidup melalui pemerintah, Presiden mengucurkan beberapa paket program bantuan antara lain BST, bantuan Pangan Non Tunai, bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang melalui Kementerian sosial dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Kementerian Desa.

"Bantuan ini sifatnya komplementer, artinya saling melengkapi antara BST, BLT dan PKH serta Bantuan Pangan Non Tunai,"ungkapnya.

Kata Yumte,untuk Kabupaten Mimika mendapat kuota BST sebanyak 8.549 yang tersebar di 18 Distrik.

"Ini sudah dilaunching sejak bulan April sudah di launching di Kantor Pos. Kita harapkan dari 8.549 itu adalah orang asli Papua dalam pengusulan Dinsos. Dan pihak Kantor Pos mereka melakukan pembayaran sekitar 7.900 KPM sedangkan ada 400 KPM itu masuk di Bank BRI,"kata Yumte.

Untuk sisi rekapitulasi Mimika mendapat peluang yang cukup besar bantuan dari Pemerintah Pusat yakni 27 ribu sekian KPM. Namun yang menjadi persoalan menurut Yumte adalah terkait dengan penanganan warga miskin yang mana datanya tidak valid.

"Masih banyak orang susah yang belum dapat kita data dengan benar dan masih ada orang kaya dan PNS yang dapat uang.Misalnya dia sudah dapat bantuan PKH kemudian dapat lagi bantuan BST. Ini data yang salah," ungkapnya.

Ditambahkan Kepala Kantor Pos Timika Ronald Luarmase ,bahwa ditahun 2020 PT Pos Timika sudah salurkan BST sejak tanggal 27 Mei dan berakhir pada tanggal 28 Juli 2020.

"Penyaluran ini ada batas waktu yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial untuk masing-masing tahap," ungkapnya.

Dijelaskannya,untuk Mimika sendiri penyaluran BST ada 3 tahap, dimana tahap 1 secara regional bulan April namun baru bisa disalurkan di akhir bulan Mei, hal ini dikarenakan keterlambatan data dari pusat.

"Untuk 12 Distrik ini diberikan kelonggaran langsung disalurkan BST sekaligus tiga tahap. Ini berdasarkan usulan ke pusat, sebab dilihat dari beberapa faktor yang menjadi pertimbangan diantaranya faktor keamanan, cuaca dan biaya. Sedangkan untuk 6 Distrik dalam kota penyaluran tetap dilakukan secara bertahap karena bisa dijangkau dengan jalan darat,"jelas Ronald. (tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika